Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pyongyang Racer, "Game" Pertama Buatan Korea Utara

Kompas.com - 27/12/2012, 14:45 WIB

KOMPAS.com — Negara yang serba-tertutup dan penuh misteri, Korea Utara, akhirnya membuat game pertamanya yang ditargetkan untuk wisatawan asing.

Game simulasi mengemudi mobil berjudul Pyongyang Racer itu mengajak pemainnya menjelajahi ibu kota Korea Utara, Pyongyang.

Game Pyongyang Racer dibuat oleh perusahaan pengembang peranti lunak, Nosotek, sebagai alat promosi agensi perjalanan Koryo Tours yang biasa memandu wisatawan asing ke Korea Utara.

Cara memainkan game ini sangat mudah. Sambil menelusuri jalan raya kota Pyongyang, pemain diharuskan mengumpulkan bahan bakar agar mobil tetap berjalan. Anda dilarang melanggar peraturan lalu lintas dan tidak menabrak kendaraan lain.

Anda seperti diajak bernostalgia memainkan konsol game 32-bit, macam Sega Saturn dan Sony PlayStation generasi pertama. Pyongyang Racer bisa dimainkan gratis dari peranti lunak peramban (browser).

Namun, Anda mungkin akan kesulitan mengunjungi situs web Koryo Tours yang menyediakan game tersebut karena Pemerintah Korea Utara menutup akses internet ke luar negeri. Ya, Korea Utara memang dikenal "tertutup" bagi dunia luar. Akses internet luas di sana hanya tersedia untuk para elite politik atau akademisi.

Anda akan diberi gambaran umum tentang Pyongyang Racer melalui video berikut ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com