Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lepas Samsung, Apple Lirik Perusahaan Taiwan

Kompas.com - 30/12/2012, 11:13 WIB

KOMPAS.com — Apple perlahan mulai melepas ketergantungannya pada Samsung, yang memproduksi komponen penting dalam iPhone dan iPad. Untuk produksi prosesor perangkat mobile berikutnya, Apple dikabarkan bekerja sama dengan Unimicron Technology Corporation.

Menurut laporan China Times, Unimicron sudah menyiapkan fondasi dasar untuk memproduksi prosesor seri A dari Apple yang berarsitektur ARM. Saat ini, Apple sedang menguji kemampuan produksi prosesor perusahaan asal Taiwan itu, dan telah menyetujui beberapa tes skala kecil.

Jika kelak keduanya berjodoh, maka Unimicron akan meningkatkan produksi komponen perangkat keras untuk Apple.

Selain Unimicron, Apple juga dikabarkan sudah memesan komponen prosesor dari perusahaan Taiwan lainnya, yaitu TSMC.

Apple selama ini dikenal sebagai pelanggan terbesar Samsung dalam membuat komponen iPhone, iPad, dan iPod Touch, meski keduanya berseteru dalam sengketa hukum hak paten. Hingga kini Samsung masih jadi salah satu pemasok panel layar LCD untuk Apple.

Pada awal September lalu, Apple telah mengurangi permintaan beberapa komponen chip memori dari Samsung. Apple juga mulai membeli memori DRAM dari Toshiba dan Elpida Memory. Adapun untuk memori NAND, Apple mendapatkannya melalui perusahaan SK Hynix asal Korea Selatan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com