Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengaruh Augmented Reality dalam Bisnis Global

Kompas.com - 04/01/2013, 15:44 WIB

Penulis: Krisni Lee*

Perkembangan teknologi di dunia terjadi sangat pesat, tiga tahun yang lalu jika kita tidak mengenal apa itu augmented reality teknologi mungkin masih bisa dimaklumi. Akan tetapi pada saat ini, Augmented Reality is the next big thing, it is our Future. Teknologi ini menjadi salah satu pilihan yang menarik untuk diimplementasikan dalam industri bisnis.

Teknologi Augmented Reality menjadi pilihan jitu bagi pelaku bisnis terutama brand besar untuk menarik perhatian masyarakat luas. Menyajikan sebuah program menarik dengan memberikan pengalaman yang sexy dan sophisticated bagi masyarakat telah menjadi salah satu marketing tool yang dilakukan.

Bisa dibayangkan hanya dengan menghadapkan smartphones ke sebuah area yang telah di-track, Anda bisa mendapatkan informasi secara atraktif atau bahkan bisa bermain game yang lucu dan menarik, tidak hanya itu, hasil permainan Anda bisa di-share ke Social Media. Penggabungan dunia virtual dan dunia reality telah semakin menyatu.

“Augmented Reality gives a fantastic experience. Brought your fantasy into life, it is enhancing your life” – Krisni Lee

(Courtesy AR & Co)

 

Peralihan metode advertising konvensional ke advertising berbasis teknologi telah mulai dilakukan, perusahaan mulai menilik sesuatu yang canggih dan lebih interaktif untuk mempromosikan produk mereka. Memberikan sebuah experience langsung ke konsumen menjadi perhatian sebuah perusahaan.

Seperti yang dilakukan oleh Sony Walkman Indonesia, pada waktu meluncurkan Walkman seri terbaru W-series pada bulan September 2012 Sony ingin melakukan sesuatu yang berbeda untuk mengkomunikasi keunggulan produk ini. Di tengah kompetisi pasar yang didominasi oleh iPod di segmen audio portable, Sony Walkman hadir dengan keunggulan mengunduh musik dengan cara yang lebih cepat dan mudah.

Musik yang merupakan bahasa universal yang fun dan menyenangkan, Sony Walkman ingin target market mereka yaitu para kaum muda untuk berinteraksi dan ber-experience bersama menikmati musik dan tarian. Dengan menggunakan teknologi augmented reality, audience bisa nge-shuffling bersama dengan virtual dancer, dari anak-anak sampai dewasa bisa menikmati musik dan menari secara bersamaan.

Persepsi Augmented Reality pada umumnya merupakan sebuah teknologi yang simpel bagi sebagian masyarakat di mana dengan menggunakan smartphones yang dihadapkan pada sesuatu atau sebuah area, kemudian akan terlihat sebuah informasi di layar. Pada kenyataannya tidak hanya seperti itu, augmented reality terdapat sebuah ilustrasi, imajinasi, animasi dan semuanya ditambahkan dalah realitas kita.

Teknologi augmented reality akan terus bergerak maju dan berkembang seiring dengan permintaan customer yang tinggi, karena dipercaya sebagai integrated tool yang dapat menunjang kesuksesan sebuah brand activation yang pada akhirnya akan memberikan berpengaruh positif terhadap Brand itu sendiri. Tidak hanya sebagai advertising, Augmented reality merupakan sebuah amazing tool dalam menyajikan informasi.

Betapa menyenangkan jika saat kita duduk di sebuah coffee shop dan menggunakan kacamata augmented reality, akan terlihat di samping Anda sebuah karakter animasi lucu di mana dia bisa menjelaskan menjelaskan menu-menu yang dijual dan membantu Anda berinteraksi dengan pembeli secara atraktif.

Yah, itulah masa depan! The Future is Coming! Augmented reality akan menjadi sebuah kebiasaan penting dalam keseharian kita, informasi yang dibutuhkan akan hadir dengan cara yang fantastis.

*Penulis: Krisni Lee, adalah Project Director AR&Co

 

(Dok. AR & Co)
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com