Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dirumorkan Tertarik Pakai Android, Apa Kata Nokia?

Kompas.com - 10/01/2013, 11:12 WIB

KOMPAS.COM/YUNANTO WIJI UTOMO Stephen Elop, CEO Nokia.

KOMPAS.com - Sebuah pernyataan "apa pun tetap mungkin" dari Stephen Elop, CEO Nokia, Selasa (8/1/2013), memunculkan spekulasi bahwa Nokia ingin mengadopsi sistem operasi mobile Android. Sehari berselang, rumor itu langsung dibantah oleh Nokia.

Juru bicara Nokia menyebutkan, El Pais, media Spanyol yang menerbitkan artikel wawancara dengan Elop, sedikit kurang tepat dalam menerjemahkan pernyataan Elop.

Seperti diberitakan sebelumnya, dalam sebuah wawancara dengan media asal Spanyol El Pais, Elop disebut mengatakan, Nokia saat ini masih mengandalkan Windows Phone sebagai senjata mereka dalam bersaing di pasaran smartphone. Namun, mereka sudah mulai memikirkan pengembangan proyek selanjutnya.

"Kami selalu memikirkan apa yang akan datang kemudian, apa yang akan menjadi peran dari HTML 5, Android. HTML5 bisa membuat platform sendiri, menjadi Android, Windows Phone atau yang lainnya, tidak relevan di masa depan, tetapi ini terlalu cepat (untuk dikatakan). Hari ini kami berkomitmen dan puas dengan Microsoft, tetapi apa pun tetaplah mungkin," ungkap Elop saat wawancara tersebut.

Untuk memperbaiki kesalahpahaman ini, pihak Nokia pun langsung mengirimkan terjemahan yang tepat dari wawancara tersebut.

"Jadi, dari cara berpikir saya, dalam peperangan ekosistem saat ini, kami sedang bertarung bersama dengan Windows Phone. Itu apa yang sedang kami lakukan sekarang. Saat ini, apa yang kami lakukan selalu bertanya, bagaimana itu bisa berkembang? Apa berikutnya? Peran apa yang dimainkan HTML5? Peran apa yang dijalankan oleh Android atau yang lainnya di masa yang akan datang? Kami melihat lebih jauh ke masa depan, tetapi dalam hal apa yang ingin kami hadirkan ke pasar, dan apa yang segera kami fokuskan, kami fokus terhadap Windows Phone," ralat Nokia, seperti dikutip dari Phone Arena, Rabu (9/1/2013).

Ini merupakan upaya kedua bagi Nokia dalam meredam spekulasi mengenai kemungkinan perusahaan asal Finlandia tersebut menggunakan sistem operasi mobile buatan Google, Android.

Sebelumnya, Nokia mem-posting sebuah lowongan pekerjaan untuk pengembang perangkat lunak Linux di LinkedIn. Publikasi ini langsung menimbulkan dugaan Nokia serius pada pengembangan sistem operasi Android, yang inti programmnya (kernel) berbasis Linux. Namun, dugaan tersebut sudah dibantah oleh Nokia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com