Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

100 Ribu Sekolah Akan Dapatkan WiFi

Kompas.com - 11/01/2013, 07:57 WIB

TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN Sejumlah siswa kelas 11 mengikuti mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi di SMA Negeri 5, Jalan Belitung, Kota Bandung, Rabu (9/1/2013).

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom) siap membangun 100 ribu titik WiFi hotspot di sekolah-sekolah seluruh Indonesia melalui program IndiSchool (Indonesia Digital School). Ini merupakan bagian dari program 1 juta titik WiFi di seluruh Indonesia.

Direktur Enterprise & Wholesale Telkom Muhammad Awaluddin, mengatakan, program IndiSchool bermaksud memberi pemerataan akses internet dan penyampaian konten edukasi kepada komunitas pendidikan di Indonesia. Diharapkan lebih banyak lagi sekolah yang terhubung dengan internet.

"IndiSchool merupakan program Telkom untuk membantu meningkatkan kualitas pendidikan dengan menyediakan internet WiFi di sekolah-sekolah," ujar Awaluddin dalam siaran pers yang diterima KompasTekno, Kamis (10/1/2013).

Para pengguna ponsel pintar, laptop, dan perangkat komputer lainnya dapat terkoneksi dengan WiFi yang disediakan Telkom. Bukan hanya guru dan siswa yang bisa mengaksesnya, masyarakat pun bisa terhubung.

Pada tahap awal, Telkom akan menyediakan akses internet dengan kecepatan 1Mbps di sekolah-sekolah. Murid dan guru bisa mengakses konten edukasi seperti Portal Rumah Belajar dan Kelas maya atau TV Edukasi yang dimiliki Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

"IndiSchool membawa konten edukasi yang sesuai kebutuhan sekolah dan lingkungan pendidikan, serta mudah diakses dan murah," jelas Awaluddin.

Telkom menyediakan voucher harian dan bulanan dengan tarif terjangkau, mulai dari Rp 1.000 yang bisa digunakan kapan saja oleh guru maupun siswa.

Menurut Telkom, saat ini ada sekitar 3.000 sekolah dari 300 ribu sekolah di Indonesia yang telah menggunakan akses internet IndiSchool.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com