Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penjualan Lumia Meningkat, Nokia Asha Tetap Primadona

Kompas.com - 11/01/2013, 10:43 WIB

Nokia Lumia 710

KOMPAS.com - Nokia telah mengumumkan hasil laporan keuangan awal (preliminary report) untuk kuartal empat tahun fiskal 2012.

Dalam laporan ini, Nokia memang belum menyebutkan seberapa besar keuntungan atau kerugian yang mereka dapatkan di kuartal tersebut. Namun, perusahaan asal Finlandia ini sudah membeberkan jumlah produk mereka yang terjual di kuartal tersebut.

Berdasarkan laporan ini, Nokia berhasil menjual smartphone Lumia berbasis Windows Phone sebanyak 4,4 juta unit seri Lumia.

Dikutip dari The Next Web, Jumat (11/1/2013), ini berarti Nokia berhasil mendongkrak penjualan Lumia dari dua kuartal sebelumnya. Sebagai catatan, seri Lumia hanya berhasil terjual sebanyak 2,9 juta unit di kuartal III 2012 dan 4 juta unit di kuartal II 2012.

Secara total, Nokia sukses menjual 6,6 juta unit ponsel pintar (Lumia dan ponsel Symbian) dengan nilai penjualan bersih yang mencapai 1,2 miliar euro atau sekitar 1,57 miliar dollar AS.

Yang menjadi primadona pada kuartal 4 tahun 2012 ini sebenarnya adalah Nokia Asha. Nokia berhasil menjual 9,3 juta unit ponsel Asha ke seluruh dunia pada kuartal tersebut.

Lebih lanjut, Nokia menghasilkan penjualan bersih sebesar 5,1 miliar dolar AS untuk divisi Devices & Services, dengan jumlah perangkat yang terjual sebanyak 86,3 juta unit.

Nokia sendiri terlihat sangat antusias dengan laporan kuartal tersebut. Hal ini disebabkan karena penjualan yang mereka lakukan ternyata mampu mengalahkan prediksi pasar yang ada selama ini.

"Kami sangat senang bahwa kuartal 4 2012 adalah kuartal yang solid di mana kami telah melewati ekspektasi dan mencapai profit dari divisi Devices & Services dan mencatat rekor keuntungan di Nokia Siemens Network," kata Stephen Elop, CEO Nokia.

Detail dari laporan keuangan kuartal 4 tahun fiskal 2012 ini akan diumumkan pada 24 Januari 2013. Selain itu, Nokia juga akan membeberkan laporan keuangan tahunan mereka. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com