Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Senjata" Xperia Z, Quad-Core dan Tahan Air

Kompas.com - 15/01/2013, 10:36 WIB

SINGAPURA, KOMPAS.com — Sony memamerkan ponsel pintar Android andalannya yang memakai prosesor quad-core di Singapura, Selasa (15/1/2013). Xperia Z, demikian nama ponsel tersebut, siap bersaing dengan para kompetitornya. Senjata andalan utamanya adalah tahan air dan tahan debu.

Jika dilihat dari komponen perangkat keras, maka Xperia Z akan bersaing dengan Samsung Galaxy S III, HTC One X+, dan LG Nexus 4. Ketiga produk ini memakai prosesor quad-core dan telah dipasarkan di Indonesia.

Xperia Z diperkuat dengan prosesor Qualcomm Snapdragon S4 Pro kecepatan 1,5 GHz, RAM 2 GB, dan unit pemrosesan grafis Adreno 320. Semua itu berjalan dengan sistem operasi Android 4.1 (Jelly Bean).

Memori internal yang tersedia di Xperia Z sebesar 16 GB dan baterai berkapasitas 2.330 mAh untuk menopang daya hidup ponsel ini. Kamera depannya bersensor 2,2 MP dan kamera belakang 13,1 MP dengan lampu kilat LED.

Layarnya seluas 5 inci berkualitas full-HD beresolusi tinggi, yaitu 1.920 x 1.080 piksel. Untuk membuat layar lebih cemerlang, Sony menambah teknologi layar itu dengan Mobile Bravia Engine 2. Ini merupakan teknologi yang biasa disematkan Sony pada televisi layar datar seri Bravia.

Semua slot dan port yang terdapat di Xperia Z ditutup rapat. Sony mendesain Xperia Z agar tahan debu dan tahan air, serta mendapat sertifikat ketahanan militer IP55 dan IP57. Ia sanggup diajak menyelam di air kedalaman 1 meter dalam waktu 30 menit.

Xperia ZL
Sony membuat produk kembar untuk Xperia Z, yaitu Xperia ZL. Keduanya memiliki spesifikasi perangkat keras yang sama. Meski sama-sama berukuran 5 inci, Xperia ZL memiliki ukuran lebih pendek dibandingkan kakaknya. Selain itu, Xperia Z juga lebih tipis dan lebih ringan.

Jika Xperia Z diselimuti materi kaca pada bagian belakang, maka Xperia ZL diselimuti dengan materi plastik yang agak cembung.

Kedua produk ini juga dibekali slot MicroSD, MicroSIM Card, dan port audio 3,55 mm. Konektivitas nirkabel mendukung WiFi, Bluetooth, GPS, NFC, dan bisa digunakan sebagai WiFi Hotspot.

Sony tidak membekali fitur tahan air dan debu pada Xperia ZL. Port yang terdapat di Xperia ZL terbuka begitu saja.

Ada beberapa kelebihan Xperia ZL yang tidak dimiliki kembarannya. Pertama, pada fitur infra merah/IrDA dan kapasitas baterai lebih besar, yakni 2.370 mAH.

Pihak Sony mengatakan, kedua produk ini akan masuk ke Indonesia sekitar bulan April 2013. Namun, Sony belum bisa memastikan harga resmi untuk kedua produk ini. Karena secara keseluruhan Xperia Z lebih unggul, besar kemungkinan harganya dibanderol lebih tinggi.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com