Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Sony Doyan Bikin Xperia Kembar

Kompas.com - 16/01/2013, 17:17 WIB

SINGAPURA, KOMPAS.com - Setelah merilis produk kembar Xperia T dan Xperia TX, Sony kembali membuat ponsel pintar Android kembar, yaitu Xperia Z dan Xperia ZL. Keberadaan produk kembar ini mungkin agak membuat konsumen bingung, tersaru dengan penamaan model serta ukuran.

Spesifikasi dan fiturnya relatif sama. Perbedaannya hanya terlihat dari sisi desain, meliputi dimensi, ketebalan dan bobot.

Perusahaan Jepang ini punya alasan tersendiri soal produk kembar. Menurut Matthew Lang, Vice President South East Asia & Oceania Customer Unit Sony Mobile Communications, ini memang jadi strategi bisnis Sony untuk memenuhi selera dan kemampuan konsumen yang beragam.

"Sony tidak ingin membuat bingung konsumen. Karena itu, produk kembar Xperia selalu dibekali spesifikasi hardware yang sama dan fitur yang sama pula," kata Lang dalam jumpa pers di Singapura, Selasa (15/1/2013).

Ia menegaskan, perbedaan di antara produk kembar ini hanya terletak pada desain. Xperia ZL punya dimensi lebih pendek, lebih tebal, dan lebih berat. Konsumen juga bisa mengetahui perbedaannya dari sisi harga. Harga inilah yang akan jadi alat pembeda utama.

Materi yang menyelimuti Xperia ZL juga berbeda dengan saudaranya. Xperia ZL menggunakan materi plastik bergestur dan bentuk panel belakangnya agak cembung. Sementara panel belakang Xperia Z diselimuti materi kaca anti pecah dan anti gores.

Karena Xperia Z menggunakan materi yang lebih bagus dan lebih elegan, tentu ia akan dibanderol lebih mahal. Apalagi, Xperia Z dibekali fitur tahan air dan tahan debu. Ia bisa diajak "menyelam" di kedalaman 1 meter selama 30 menit.

Soal spesifikasi, keduanya memang dibekali komponen perangkat keras yang sama. Perbedaan komponen terletak di baterai, di mana Xperia ZL dibekali kapasitas baterai 2.370mAh sementara Xperia ZL hanya 2.330mAh. Selain itu, Xperia ZL juga dibekali tombol fisik untuk memotret foto.

Pihak Sony menyatakan, Xperia Z dan Xperia ZL bakal masuk pasar Indonesia sekitar akhir Maret atau awal April 2013.

Sementara untuk produk kembar Xperia T dan Xperia TX, yang masuk Indonesia hanyalah model Xperia TX. Ia akan menyambangi Indonesia pada kuartal pertama tahun 2013.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com