Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Firefox OS Tampil Perdana di Jakarta

Kompas.com - 21/01/2013, 13:17 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Mozilla, pengembang peramban (browser) Firefox, menggelar acara "Firefox App Days" di Hotel Borobudur, Jakarta, Senin (21/7/2013).

Acara ini merupakan ajang kumpul para pengembang aplikasi (developer) sekaligus perkenalan Firefox OS dan tool untuk mengembangkan aplikasi berbasis sistem operasi mobile tersebut.

Viking Karwur, Ketua Panitia Firefox OS App Days dan Mozilla Indonesia Community Manager, mengatakan, pengembang asal Indonesia sangat antusias dengan acara ini.

"Setelah pendaftaran dibuka pada 27 Desember 2012, sehari kemudian tiketnya habis dipesan calon peserta yang datang dari sejumlah daerah di Indonesia. Kami sampai harus menambah kapasitas tempat duduk hingga dua kali lipat. Dari sekitar 200 orang yang mendaftar, kami harus memilih 120 orang," kata Viking.

Selain itu, Indonesia juga patut berbangga hati karena dipilih sebagai negara kedua setelah penyelenggaraan perdana Firefox OS App Days di Mountain View, California, AS, Sabtu (19/1/2013).

Sebagai catatan, Mountain View merupakan tempat kantor pusat Mozilla berada. Di Asia Tenggara, acara ini hanya diadakan di dua negara, yaitu Indonesia dan Filipina.

"Indonesia adalah negara pertama di Asia yang menyelenggarakan ajang ini," ucap Viking.

Viking juga menjelaskan alat-alat yang bisa dipakai pengembang untuk membangun aplikasi Firefox OS. Mozilla menyediakan bahasa pemrograman HTML 5 dan JavaScript.

Penggunaan HTML5 dinilai dapat memudahkan para pengembang mengingat bahasa ini sudah umum digunakan untuk pembuatan aplikasi berbasiskan web.

"Sangat mudah karena semua developer web udah ngeh (familiar) dengan ini (HTML5). Para pengembang juga tidak perlu belajar bahasa baru. Simulator untuk aplikasi HTML5 bisa dijalankan di PC, Mac, ataupun Linux," ujar Viking.

Firefox OS, sebelumnya dikenal dengan nama Boot to Gecko, adalah sistem operasi open source untuk smartphone dan tablet yang sedang dikembangkan Mozilla. Diharapkan sistem operasi ini mampu menjadi pesaing Android dan iOS yang terlebih dulu sukses di pasaran.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com