Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berapa Nilai Investasi Apple di Indonesia?

Kompas.com - 22/01/2013, 18:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) menyatakan bahwa perusahaan teknologi Apple telah mendapat persetujuan investasi di Indonesia sejak Desember 2013.

Seperti dikutip dari Antara, Deputi Bidang Pengendalian Pelaksanaan Penanaman Modal BKPM, Azhar Lubis mengatakan, realisasi investasi Apple di Indonesia diprediksi mencapai 3 juta dollar AS atau sekitar 28,5 miliar.

Menurutnya, kemungkinan perusahaan itu akan melakukan analisis terkait pasar, lokasi, terutama hal-hal strategis untuk berinvestasi di Indonesia.

Keuntungan lain dari rencana investasi ini, produk terbaru Apple bisa masuk pasar Indonesia lebih awal.

BKPM belum dapat memastikan secara pasti bentuk investasi Apple di Indonesia. Namun, Apple telah lebih dulu mengajukan toko online.

Sebagai awal investasi di Indonesia, Apple telah membuka toko konten multimedia digital iTunes Store pada 4 Desember 2012. Di sini pengguna iTunes Store bisa membeli konten musik dan video dengan mata uang Rupiah.

Menurut Ketua Umum BKPM Chatib Basri, jika Apple ingin menjadi peretail dan membuka toko fisik di Indonesia, maka sebagai penanam modal asing, mereka harus membangun toko modern dengan luas lantai penjualan lebih dari 2.000 meter persegi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com