Serunya Merekam Video 6 Detik di Vine


Vine

Vine



JAKARTA, KOMPAS.com - Twitter resmi merilis aplikasi berbagi video singkat Vine, Kamis (24/1/2013). Vine menawarkan sensasi berbagi video yang menyenangkan, karena Anda harus mencari objek video yang saling terhubung dan bercerita hanya dalam durasi 6 detik. Tertarik untuk memakainya?

Vine saat ini baru bisa dinikmati oleh pengguna perangkat iOS, dan bisa diunduh gratis di Apple App Store. Pihak Twitter mengatakan akan segera membawa Vine untuk sistem operasi lainnya.

Setelah mengunduh, Anda bisa mendaftar ke layanan Vine dengan email ataupun akun Twitter. Setelah itu, Anda akan mendarat di timeline. Di sana Anda sudah bisa menonton video 6 detik pilihan tim Vine.

Di sisi kiri atas terdapat tombol Home, yang menawarkan menu Explore, Activity, dan Profile.



Menu "Explore" digunakan untuk melihat video terpopuler hingga video yang ditandai dengan tanda pagar (tagar) tertentu. Menu "Activity" akan menampilkan beragam aktivitas yang berhubungan dengan akun Anda, seperti follower baru, pemberi Like, dan orang yang mengomentari video Anda.

Sama seperti Twitter, Vine menggunakan metode hubungan following dan follower. Carilah teman yang Anda kenal melalui Twitter, Facebook, atau bisa mencarinya dengan memasukkan nama dan email.

Cara merekam video di Vine

Untuk mulai merekam video, masuk terlebih dahulu ke menu Home. Di sisi kanan atas akan terlihat tombol kamera untuk merekam video.



Cara merekamnya cukup unik. Di sini Anda tak ada tombol rekam/jeda. Yang perlu Anda lakukan untuk mulai merekam adalah dengan menyentuh dan menahan jari Anda di layar ponsel, dan lepaskan jari jika ingin jeda. Anda akan diminta mencari objek lain. Setelah mantap dengan objek yang akan dibidik, mulailah merekam lagi, dan jeda lagi, begitu seterusnya hingga durasi 6 detik terisi penuh.

Agar video Anda bermakna, ada baiknya pikirkan dulu objek yang ingin direkam beserta jalan ceritanya. Siapa tahu, karya Anda masuk daftar video terpopuler.

Vine membuat fitur Like dan Comment agar layanannya lebih interaktif. Pengguna juga dimungkinkan untuk pamer video singkatnya di Twitter dan Facebook.

Dari pengamatan KompasTekno, video yang dibagikan ke Vine dapat berjalan lancar di situs web maupun aplikasi mobile. Begitu juga dengan audionya.

Aplikasi Twitter untuk perangkat mobile dapat memainkan video dengan lancar. Beberapa aplikasi Twitter client, seperti Twitterific dan Tweetbot, juga dapat memainkan video Vine, meskipun tidak cukup terintegrasi dengan baik karena harus melakukan beberapa kali klik untuk memutar videonya.

Untuk di Facebook, Anda tidak dapat memainkan langsung video Vine di timeline Facebook. Anda harus mengklik tautan video yang akan mengantar ke situs web resmi Vine. Integrasi Vine memang dimaksimalkan untuk Twitter, meski keduanya merupakan aplikasi terpisah.

Editor: Reza Wahyudi

 

TERBARU
e-Business
Minggu, 1 Februari 2015 12.18 WIB
MoboMarket Pasarkan Karya Peserta GGJ 2015
Software
e-Business
Minggu, 1 Februari 2015 09.07 WIB
Galeri Gadget Usung Konsep Toko Retail Baru
Gadget
Minggu, 1 Februari 2015 08.35 WIB
Dell Rilis PC Baru untuk Indonesia
Gadget
Sabtu, 31 Januari 2015 17.13 WIB
Prynt Ubah Smartphone Jadi Kamera Polaroid
TERPOPULER
Jumat, 30 Januari 2015 20.21 WIB
"Aneh, Sistem Komputer QZ8501 Dimatikan Bersamaan"
Jumat, 30 Januari 2015 15.25 WIB
Sistem Komputer QZ8501 Dimatikan Sebelum Jatuh
Rabu, 28 Januari 2015 17.02 WIB
Steve Jobs, Ramalanmu Kali Ini Meleset
Senin, 26 Januari 2015 11.24 WIB
Situs Berniaga.com Resmi Ditutup
Rabu, 28 Januari 2015 09.03 WIB
Bos Google Ramalkan "Kemusnahan" Internet
Selasa, 27 Januari 2015 15.36 WIB
Facebook Tumbang karena Serbuan "Kadal"?
Minggu, 25 Januari 2015 13.14 WIB
Asus ZenFone 2 Ada Versi Mini?