Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Linksys Segera "Pindah Tangan" dari Cisco

Kompas.com - 25/01/2013, 18:06 WIB

KOMPAS.com - Perusahaan pemanufaktur produk teknologi Belkin menyatakan rencananya untuk mengakuisisi Linksys, unit bisnis router nirkabel segmen rumahan yang dimiliki perusahaan penyedia perangkat dan jasa jaringan telekomunikasi Cisco.

Rencana akuisisi ini meliputi merek dagang Linksys, produk router, teknologi, dan karyawan. Belkin menegaskan bahwa merek Linksys akan tetap dijaga.

Linksys akan meningkatkan kemampuan Belkin untuk kebutuhan manufaktur, serta memberi akses ke basis pengguna yang besar. Belkin dan Cisco berniat untuk mengejar hubungan strategis pada berbagai inisiatif, termasuk distribusi retail, pemasaran, dan produk untuk penyedia layanan.

Untuk saat ini, konsumen yang telah menggunakan produk Linksys akan tetap mendapat dukungan. Belkin menyatakan ingin membantu mengembangkan pasar Linksys.

Belkin tidak mengungkapkan syarat rinci perjanjian, termasuk nilai akuisisi dan rencananya di masa depan. Transaksi akuisisi diharapkan selesai pada Maret 2013.

Linksys diakuisisi oleh Cisco pada tahun 2003 dengan nilai cukup tinggi, sebesar 500 juta dollar AS. Tujuannya kala itu, Linksys dibeli agar Cisco dapat masuk ke pasar jaringan komputer segmen rumahan.

Setelah 10 tahun berjalan, Cisco berubah pikiran dan berbalik ingin keluar dari pasar rumahan dengan menjual Linksys.

Sebelumnya, Cisco juga telah menutup beberapa produk konsumer besutannya. Salah satunya, perangkat portabel perekam video Flip yang dihentikan produksinya, pada April 2011 lalu.

Perusahaan jaringan telekomunikasi ini sepertinya kurang beruntung dalam berbisnis di segmen konsumer dan rumahan. Di segmen korporasi, Cisco masih berjaya dengan menguasai pasar IP routing.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com