Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapan BlackBerry 10 Tersedia di Indonesia?

Kompas.com - 31/01/2013, 07:26 WIB

 

KOMPAS.com — Akhirnya, dua perangkat BlackBerry 10 pertama resmi diperkenalkan pada acara peluncuran yang diadakan secara serentak di tujuh kota di beberapa wilayah dunia, termasuk Jakarta, Rabu (30/1/2013) kemarin. Namun, kapankah smartphone terbaru ini bisa diperoleh konsumen?

Menurut Presiden dan CEO BlackBerry Thorsten Heins, saat berbicara dalam acara di New York, negara pertama yang bakal kebagian perangkat BlackBerry Z10 adalah Inggris. Smartphone tersebut sudah akan tersedia mulai hari Kamis (31/1/2013) dari semua operator besar di sana.

Wilayah Kanada yang merupakan negeri asal BlackBerry menyusul beberapa hari setelahnya pada tanggal 5 Februari, lalu Uni Emirat Arab yang disebut Heins sebagai "salah satu pasar yang paling penting" akan mulai mendapatkan BlackBerry Z10 tanggal 10 Februari.

Di Amerika Serikat, karena proses pengujian yang panjang, BlackBerry Z10 baru akan tersedia bulan Maret.

Di "Negeri Paman Sam" ini, berdasarkan sesi tanya jawab yang dikutip oleh The Verge, Head of Communication BlackBerry Frank Boulben mengatakan bahwa pihaknya akan mendorong kampanye pemasaran yang agresif, mulai dari pertandingan american football SuperBowl hari Minggu mendatang.

Soal informasi harga, Heins hanya menyebutkan bahwa BlackBerry Z10 akan dijual seharga 149,99 dollar AS dengan kontrak tiga tahun di Kanada.

Jadwal ketersediaan ini hanya berlaku untuk perangkat BlackBerry Z10 yang menggunakan jenis interface full-touchscreen. Perangkat BlackBerry Q10 yang memiliki keyboard QWERTY disebut akan menyusul tersedia di Amerikat pada bulan April 2013.

Akhir Februari nanti, proses pengujian BlackBerry 10 dengan 110 operator seluler di seluruh dunia dijadwalkan akan selesai. Heins berjanji akan meng-update informasi ketersediaan dalam waktu dekat.

"Nanti akan kami umumkan kembali informasi harga dan waktu peluncurannya oleh operator di seluruh dunia," ujarnya lagi.

BlackBerry tidak merinci kapan persisnya perangkat BlackBerry 10 akan mulai tersedia di Indonesia, tetapi Direktur Pemasaran XL Axiata Joy Wahyudi pernah mengatakan bahwa pihaknya "siap menyambut" BlackBerry 10 pada minggu pertama bulan Maret 2013. Dia juga mengatakan bahwa pihaknya akan menyediakan bundling perangkat tersebut dengan kartu XL.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com