Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

70.000 Aplikasi "Ramaikan" BlackBerry 10

Kompas.com - 31/01/2013, 14:39 WIB

KOMPAs.com - Perusahaan Research In Motion, yang kini ganti nama jadi BlackBerry, mengumumkan bahwa ada 70.000 aplikasi yang tersedia untuk sistem operasi BlackBerry 10. Beragam aplikasi populer telah tersedia di platform baru ini.

Kedatangan sistem operasi baru BlackBerry 10, juga disertai dengan ketersediaan aplikasi dalam jumlah besar di toko aplikasi BlackBerry World --yang dulu bernama BlackBerry AppWorld. Ini akan jadi awal yang baik untuk ekosistem BlackBerry 10.

Vice President Global Alliance & Business Development BlackBerry Martyn Mallick, mengatakan, pihaknya telah menyediakan lebih dari 1.000 aplikasi terbaik dari seluruh dunia yang telah berkomitmen untuk BlackBerry 10.

"Fokus kami adalah bermitra dengan perusahaan pembuat aplikasi," katanya di sela peluncuran BlackBerry 10 di New York, AS, Rabu (30/1/2013).

Mallick menjelaskan, di BlackBerry 10, pengguna tak perlu melakukan reboot perangkat setelah memasang aplikasi baru. Hal ini dikarenakan BlackBerry 10 merupakan sistem operasi yang benar-benar baru.

Berbeda dengan BlackBerry OS versi 7 atau di bawahnya, BlackBerry 10 dibangun di atas inti program (kernel) QNX. Kernel ini juga digunakan dalam industri otomotif, pembangkit nuklir hingga pesawat militer.

Aplikasi populer yang telah tersedia untuk BlackBerry 10, antara lain adalah Skype, Evernote, Kindle, WhatsApp, DropBox, hingga layanan jejaring sosial Facebook, Twitter, Foursquare, LinkedIn.

BlackBerry juga menyediakan game Angry Birds Star Wars, Where's My Water, Plants vs. Zombies, Fruit Ninja, Cut the Rope, dan JetPack Joyride.

Beberapa perusahaan hiburan dan media seperti EA, Disney, Bloomberg, Wall Street Journal, BBC, juga menyatakan dukungan dengan menyediakan aplikasi di BlackBerry 10. Perusahaan Kanada ini mengklaim telah menyediakan beragam kategori aplikasi mulai dari perbankan, travel, multimedia, bisnis, utilitas, dan sebagainya.

Selain aplikasi, BlackBerry World juga akan menyediakan konten musik, film, dan serial televisi. BlackBerry telah bermitra dengan perusahaan label musik hingga pemegang hak cipta film untuk menyediakan konten. Dengan ini, BlackBerry World akan bersaing dengan toko konten multimedia iTunes Store dari Apple dan Play Store dari Google.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com