Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Spesifikasi BlackBerry 10 dengan Keypad QWERTY

Kompas.com - 31/01/2013, 15:31 WIB

KOMPAS.com - Selain memperkenalkan BlackBerry Z10 dengan model layar sentuh penuh, perusahaan BlackBerry juga merilis ponsel model papan ketik (keypad) fisik terbaru yang diberi nama BlackBerry Q10.

Meski saat ini tren ponsel pintar adalah layar sentuh penuh, BlackBerry tetap percaya diri merilis ponsel keypad fisik. "Kami tahu ada banyak pecinta ponsel dengan keypad fisik di luar sana," kata CEO BlackBerry Thorsten Heins di New York, AS, Rabu (30/1/2013).

Heins mengklaim BlackBerry 10 akan memberi pengalaman mengetik terbaik. Namun, ia baru akan dilepas ke pasar sekitar Maret atau April 2013.

Ponsel ini menggunakan jenis layar Super AMOLED seluas 3,1 inci resolusi 720 x 720 pixel. Meski disertai keypad fisik, layar BlackBerry Q10 mendukung navigasi layar sentuh. Namun, ia tak lagi dibekali trackpad.

Soal desain, BlackBerry 10 punya ketebalan 10,3mm dan bobot 139 gram. Panel belakangnya terbuat dari materi sejenis kaca yang disebut glass weave material. "Anda tak akan menemukan bahan ini di perangkat lain. Ia lebih tipis, lebih ringan, dan lebih kuat dari plastik," jelas Heins.

Komponen BlackBerry Q10 diperkuat dengan prosesor TI OMAP 4470 Cortex-A9 1,5GHz dual-core yang dikombinasikan dengan RAM 2GB.

Perusahaan belum merilis spesifikasi lengkap BlackBerry 10, termasuk sensor pada kamera depan dan belakang. Yang jelas, ia mendukung jaringan nirkabel 3G, bluetooth, NFC, dan memiliki slot MicroSD untuk memperluas kapasitas penyimpanan data.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com