Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiga Besar "Adu Cantik" Demi 3G

Kompas.com - 07/02/2013, 07:40 WIB

KOMPAS/RIZA FATHONI Petugas memperbaiki menara BTS.

JAKARTA, KOMPAS.com - Tiga operator seluler besar di Indonesia, siap bersaing memperebutkan dua blok kanal 3G yang tersisa di spektrum frekuensi 2.100MHz. Ketiganya telah menyerahkan seluruh dokumen keikutsertaan seleksi pada Rabu (6/2/2013).

"Adapun calon peserta yang telah menyerahkan seluruh dokumen yang dimaksud adalah PT XL Axiata, PT Telkomsel dan PT Indosat," tulis Gatot S. Dewa Broto, Kepala Pusat Informasi dan Humas Kementerian Komunikasi dan Informatika dalam siaran pers.

Ia menjelaskan, pada mulanya 5 operator seluler pemegang lisensi 3G, yaitu Telkomsel, XL Axiata, Indosat, Axis, dan Hutchinson CP Telecom atau Tri, telah mengambil dokumen seleksi pada 3 Januari 2013. Namun, ternyata yang ikut seleksi ini hanya 3 operator.

Seleksi Pengguna Pita Frekuensi Radio Tambahan pada Pita Frekuensi Radio 2.100MHz untuk Penyelengaraan Jaringan Bergerak Seluler IMT-2000, akan menggunakan metode beauty contest (kontes kecantikan) di mana dua kanal yang tersisa akan diberi kepada operator yang paling membutuhkan tambahan frekuensi.

Spektrum frekuensi 2,1 GHz memiliki total rentang pita 60MHz yang terbagi dalam 12 blok kanal. Setiap blok memiliki rentang pita 5MHz.

Sebanyak 10 blok kanal atau 50MHz sudah teralokasi untuk lima operator seluler GSM pemegang lisensi 3G, yaitu Telkomsel di blok 4 dan 5, Indosat di 7 dan 8, XL Axiata di 9 dan 10, Axis Telekomunikasi Indonesia di 2 dan 3, dan Hutchison CP Telecommunications (Tri) di 1 dan 6.

Blok 11 dan 12 hingga kini belum dialokasikan untuk operator seluler. Nah, kedua blok inilah yang diperebutkan oleh lima operator seluler berlisensi 3G, termasuk Tri.

Kemenkominfo merilis tanggal penting kegiatan seleksi kanal 3G di frekuensi 2.100MHz:

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com