Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Canon Hadirkan Kamera "Full-Frame" Paling "Terjangkau"

Kompas.com - 08/02/2013, 16:34 WIB

Canon


KOMPAS.com Lantaran harganya relatif mahal dan berada di luar jangkauan kantong kebanyakan konsumen, kamera DSLR dengan sensor full-frame— yang besarnya sebanding dengan ukuran negatif film 35 mm (24 x 36 mm)—selama ini hanya menjadi "impian" sebagian besar penggemar fotografi.

Anggapan itulah yang hendak diubah oleh Canon melalui produk kamera DSLR terbarunya, EOS 6D, yang diluncurkan pada September 2012, dan kini sudah bisa diperoleh di Indonesia.

PT Datascrip selaku distributor tunggal kamera-kamera Canon di Tanah Air membanderol kamera full-frame "terjangkau" ini seharga Rp 20.550.000 untuk versi body-only. Tersedia juga paket kit dengan lensa EF 24-105 mm F4L IS USM seharga Rp 27.500.000 dan lensa 24-70 mm F4L IS USM seharga Rp 33.250.000.

Harga tersebut memang paling "terjangkau" di antara kamera-kamera DSLR full-frame dari Canon. EOS 5D Mark III yang posisinya setingkat di atas EOS 5D, misalnya, dihargai lebih dari Rp 30 juta body-only.

"Kehadiran kamera ini diharapkan dapat menjadi solusi bagi kalangan fotografer yang lebih luas," ujar Direktur Divisi Canon PT Datascrip Merry Harun dalam keterangan pers yang diterima Kompas Tekno.

Canon

Kamera yang sekaligus menjadi tipe full-frame paling ringan dari Canon dengan bobot 680 gram ini mengandalkan sensor beresolusi 20,2 megapiksel.  Tangkapan gambar dari sensor tersebut diproses oleh image processor Digic 5+.

Selain sensor full-frame, fitur lain yang menjadi andalan kamera ini adalah konektivitas WiFi yang membuatnya bisa dikendalikan melalui perangkat iOS atau Android dengan aplikasi EOS Remote App. Aplikasi tersebut bisa diunduh gratis lewat Google Play Store dan Apple Store.

"Kita bisa menyortir foto atau mengunggahnya ke media sosial secara langsung dari perangkat ponsel atau tablet, sementara kamera tetap tersimpan di dalam tas," ungkap Marketing Manager Canon Image Dommunication Product Division Sintra Wong tentang teknologi WiFi milik EOS 6D.

Ada pula fitur GPS terintegrasi pada EOS 6D sehingga penggunanya bisa memberikan data geo-tagging untuk menyimpan informasi lokasi pengambilan sebuah foto.

Tak tertarik dengan WiFi atau GPS? EOS 6D pun tersedia dalam versi tanpa dua fitur tersebut dengan harga yang lebih murah, yaitu Rp 19.825.000 untuk versi body-only, serta paket kit dengan lensa EF 24-105 mm F4L IS USM seharga Rp 26.825.000 dan lensa EF 24-70 mm F4L IS USM seharga Rp 32.500.000. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com