Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/02/2013, 10:03 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Pembaruan total! BlackBerry terlahir kembali ke dunia! Itulah kesan pertama ketika KompasTekno menggenggam ponsel BlackBerry Z10 yang berjalan dengan sistem operasi BlackBerry 10.

Z10 adalah sesuatu yang radikal jika berkaca dari lini produk BlackBerry sebelumnya. Ia jauh lebih baik, lebih modern, dan lebih intuitif. Anda akan mendapat pengalaman yang benar-benar baru.

Desain

Apakah Anda berpikir bentuk Z10 menyerupai iPhone? Sudut membulat, ada ruang di bagian depan atas dan bawah yang mengapit layar. Namun, sama sekali tak ada tombol di bagian depannya.

Ada logo dan teks BlackBerry di bawah layar. BlackBerry menempatkan tombol power dan jack audio 3,5 mm di sisi atas. Penempatan tombol power ini kurang memberi rasa nyaman. Jari agak sulit menjangkau jika ingin membuka layar yang terkunci. Alangkah baiknya jika tombol itu ditempatkan di pojok kanan atas, atau di samping kanan.

Di samping kanan ada tombol Voice Control yang diapit tombol pengatur volume. Sementara itu, di samping kiri terdapat MicroUSB dan MicroHDMI.

Di bagian belakang terdapat logo BlackBerry yang tersohor. Panel belakangnya terbuat dari bahan plastik, yang telah diselimuti materi khusus bergestur, tetapi sangat lembut. Ini terasa nyaman dan mantap di genggaman.

Ketebalannya pas, demikian juga layar seluas 4,2 inci yang terasa ideal. Dari pengalaman KompasTekno, satu ibu jari orang dewasa dapat meraih seluruh sudut layar.

Namun, secara keseluruhan, desain Z10 terbilang tidak mengejutkan. Ponsel ini tidak menyedot perhatian, yang membuat mata orang-orang di sekeliling Anda akan terpusat kepadanya. Warna hitam pekat membuatnya biasa saja. Mungkin, tampang BlackBerry Z10 warna putih lebih sedap dipandang.

Performa baru dan layar kinclong

Jika dianalogikan sebagai mobil, sistem operasi BlackBerry 10 yang ada dalam Z10 adalah mobil yang didesain ulang, mulai dari bagian kerangka, mesin, interior, hingga bagian body-nya. BlackBerry 10 bukan sekadar mobil dengan desain body baru yang dilapisi dengan cat baru.

Ia adalah sistem operasi yang benar-benar baru. Berbeda dengan sistem operasi BlackBerry versi OS 7 dan di bawahnya, BlackBerry 10 dibangun di atas inti program (kernel) QNX. Anda tak akan menemukan lagi simbol loading jam pasir. Anda juga tak perlu lagi melakukan "ritual" cabut baterai. BlackBerry 10 hadir dengan performa yang mulus dan gegas.

Kinerjanya ditopang oleh prosesor dual-core 1,5 GHz Krait dari Qualcomm MSM8960 Snapdragon dan RAM 2 GB. 

Halaman:
Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com