Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Review: BlackBerry Hub Mudahkan Cek Pesan

Kompas.com - 13/02/2013, 12:19 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - BlackBerry Hub adalah sebuah fitur baru yang tertanam pada sistem operasi BlackBerry 10. Ia merupakan sebuah kotak masuk dan notifikasi terpadu. Semua pesan akan masuk ke sana, termasuk SMS, MMS, email dari beberapa akun, BlackBerry Messenger, hingga notifikasi layanan jejaring sosial Facebook, Twitter, dan LinkedIn.

Ketika pengguna memasukkan akun email atau jejaring sosial dalam ponsel, maka akun itu secara otomatis akan terintegrasi dengan Hub.

Hub dibuat untuk memudahkan pengguna melihat pesan masuk dan notifikasi dalam satu tempat. Pengguna tak perlu lagi mengecek satu per satu aplikasi jejaring sosial atau email yang ada di ponsel.

Secara keseluruhan, Hub menampilkan pesan atau notifikasi berdasarkan waktu dan tanggal. Menurut pengalaman KompasTekno, hal ini membuat pesan dan notifikasi yang masuk jadi berantakan.

Jika hal itu dirasa berantakan, maka Anda tinggal menggeser layar ke kanan, lalu Hub akan menampilkan akun berdasarkan layanan semisal, BBM, SMS, Gmail, Facebook, Twitter, LinkedIn, dan sebagainya. Dengan begini, pesan dan notifikasi akan terlihat teratur karena dikelompokan berdasarkan layanan.

Melalui Hub, Anda juga dimudahkan untuk langsung berkomentar atau membalas pesan dan notifikasi yang berasal BBM, email, maupun jejaring sosial. Hub telah terintegrasi dengan banyak layanan.

Cara menampilkan menu Hub sangat mudah. Jika ponsel dalam posisi layar terkunci, Anda tinggal menyapu layar dari bawah ke tengah, kemudian menggesernya lagi ke kanan. Hub akan muncul secara otomatis.

Selain Hub, ada pula BlackBerry Balance. Ini merupakan fitur yang memisahkan urusan pekerjaan dengan urusan pribadi. Anda bisa memilih aplikasi apa saja yang jalan dalam modus pekerjaan, atau modus pribadi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com