Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gandeng Infomedia, Polri Bangkitkan 110

Kompas.com - 13/02/2013, 18:33 WIB

Aditya Panji/KompasTekno Kepala Badan Pemeliharaan Keamanan (Kabaharkam) Polri Komjen Oegroseno (kanan)

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) menggandeng anak perusahaan Telkom, Infomedia, untuk membangkitkan lagi nomor pusat layanan publik atau contact center 110 sejak akhir Januari 2013. Polri mengklaim ingin melayani seluruh laporan publik di Indonesia yang menghubungi nomor 110.

Kepala Badan Pemeliharaan Keamanan (Kabaharkam) Polri Komjen Oegroseno mengatakan, publik dapat melaporkan kecelakaan hingga tindak kriminal yang menggangu ketertiban dan keamanan di sekitarnya. Saat ini, contact center 110 hanya bisa dihubungi lewat panggilan telepon.

"Layanan ini bebas pulsa, sehingga masyarakat bisa tenang dan nyaman dalam melakukan rutinitas," katanya dalam jumpa pers di Jakarta, Rabu (13/2/2013).

Namun, saat ini layanan bebas pulsa ke 110 baru berlaku untuk pengguna jaringan telekomunikasi grup Telkom, meliputi pesawat telepon rumah tangga Telkom, telepon sululer Telkomsel dan Flexi.

Presiden Direktur Infomedia Eddy Kurnia mengatakan, di kemudian hari contact center 110 akan digratiskan juga untuk pelanggan dari operator telekomunikasi lain di luar grup Telkom.

"Kalau 110 dihubungi dari operator telekomunikasi lain, pasti membutuhkan interkoneksi dan ini dikenakan biaya. Kita akan ajukan ke regulator untuk menggratiskan biaya komunikasi ke 110 karena nomor ini merupakan layanan publik," Eddy menjelaskan.

Di kemudian hari, Polri dan Infomedia akan membuka akses laporan ke 110 melalui SMS, surat elektronik (email), fax dan media sosial meliputi Facebook dan Twitter. "Rencananya bulan Maret kita akan membuka akses SMS ke 110, dan akses dari layanan lain akan menyusul," ujar Eddy.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com