Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Ada BlackBerry 10 Murah Tahun Ini?

Kompas.com - 14/02/2013, 10:53 WIB


KOMPAS.com - Dua handset pertama BlackBerry 10 adalah model-model high-end berharga tinggi yang mungkin berada di luar jangkauan kantong sebagian konsumen.

Bagi para pengguna ini, harapan mencicipi platform baru andalan BlackBerry pun bertumpu pada model entry-level semacam BlackBerry Curve yang akan menyusul setelah BlackBerryZ10 dan Q10.

Sayang, hal tersebut agaknya tak akan terwujud dalam waktu dekat. Sebab, berdasarkan wawancara TechRadar dengan sejumlah petinggi BlackBerry, perusahaan tersebut belum berminat merilis ponsel BlackBerry 10 murah tahun ini.

"Kami (BlackBerry 10) tak akan memasuki segmen entry-level untuk beberapa lama, yang jelas bukan tahun ini," ungkap Managing Director BlackBerry Eropa Stephen Bates.

Pihak BlackBerry menilai volume penjualan model-model entry-level yang ada saat ini masih cukup bagus sehingga belum saatnya diganti.

Dibanding langsung "membunuh" perangkat-perangkat OS7 (BB7) dengan cara mendatangkan handset BlackBerry 10 versi murah, BlackBerry memilih untuk menghapus mereka secara bertahap.

Ada pula kebutuhan untuk membangun citra tertentu bagi perusahaan. "Kami mengeluarkan model-model high-end ini sebagai pernyataan, untuk mendemonstrasikan dengan jelas seperti apa BlackBerry yang baru," ujar Bates.

Dia menambahkan, portfolio produk BlackBerry 10 akan diperluas ke segmen mainstream.

Disamping alasan-alasan di atas, pihak BlackBerry juga ingin menunjukkan bahwa para pengguna perangkat lama tidak lantas ditinggalkan perusahaan begitu model baru mulai muncul.

"Penting bagi kami untuk memperlihatkan bahwa kami tidak meninggalkan BB7. Kami meluncurkan BBM Voice yang terhubung dengan BB10, di mana kami juga menambahkan fitur video dan screen sharing," lanjut Bates.

Menurut BlackBerry, perangkat BB7 merupakan andalan korporat seperti institusi pemerintah dan keuangan. Pihak-pihak tersebut dikatakan masih terus membeli BB7.

Sebelum ini, pada awal Januari, BlackBerry sempat mengatakan bakal meluncurkan sejumlah model handset BlackBerry 10 untuk mengisi tiap segmen pasar. Yang belum jelas adalah waktu kedatangannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com