Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nvidia Banderol GeForce GTX Titan Rp 15 Juta?

Kompas.com - 18/02/2013, 17:45 WIB

geek.com


KOMPAS.com - Gelar kartu gratis (VGA) PC desktop terkencang saat ini dipegang oleh GeForce GTX 690 dari Nvidia yang dilengkapi dua buah chip GPU keluarga "Kepler" dalam satu papan PCB.

Nah, gelar tersebut konon akan segera dialihkan pada sebuah kartu grafis baru dari Nvidia yang kabarnya akan dirilis antara tanggal 18 hingga 26 Februari mendatang, GeForce GTX Titan.

Berbeda dengan GeForce GTX 690, kartu grafis baru ini disinyalir akan menggunakan satu buah chip GPU berkode "GK110" yang dicomot dari kartu grafis kelas profesional Nvidia, yaitu Tesla K20 dan K20X.

Chip yang dibuat dengan proses fabrikasi 28nm ini dipersenjatai 2.688 CUDA cores dan memiliki frekuensi kerja 875 MHz. Tetapi pada GeForce Titan, clockspeed tersebut diperkirakan akan digenjot hingga 1019 MHz.

GPU super tentu membutuhkan frame buffer dalam jumlah besar, maka Nvidia pun bakal memadukan chip ini dengan memori on-board berkapasitas 6GB. Lebar bandwidth memori dikatakan bisa mencapai 512-bit atau dua kali lebih tinggi dibandingkan seri flagship sebelumnya.

Sayang, harga kartu grafis garang ini pun kabarnya akan sama mencengangkan dengan spesifikasi teknis yang diusung, diperkirakan mencapai kisaran 1600 dollar AS atau sekitar Rp 15,2 juta. Sebagai informasi, GeForce GTX 690 saat ini dijual sekitar Rp 9 juta.

Apakah kinerja GeForce GTX Titan akan seseram banderol harganya? Kita tunggu saja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com