Rabu, 29 Maret 2017

Mengenal UltraPixel di Kamera HTC One

KOMPAS.com - Produsen ponsel pintar HTC telah memperkenalkan produk andalannya yang diberi nama HTC One, Selasa (19/1/2013). Salah satu yang menarik perhatian dari ponsel ini adalah fitur kameranya.

Spesifikasi kamera di HTC One tertulis keterangan sensor 4 mega pixel (MP). Mungkin ada dari Anda yang langsung mengernyitkan dahi karena heran, "Bagaimana bisa sebuah ponsel unggulan dibekali kamera 4MP?" Tunggu dulu, di belakang keterangan 4MP itu ada embel-embel "UltraPixel." Mungkin yang satu ini menggugah rasa ingin tahu Anda.

UltraPixel bukanlah satuan hitung. Sahih saja jika Anda menganggap UltraPixel hanya istilah marketing belaka, sama halnya dengan istilah PureView yang dipakai Nokia. Tapi yang jelas, ada hal teknis tak biasa yang dilakukan HTC dalam teknologi kamera mereka.


Advertisment

Kamera HTC One menggunakan sensor tunggal 4,3 megapixel. Jangan dulu berasumsi bahwa sensor tersebut jauh tertinggal dari kamera 13 megapixel yang ada di Sony Xperia Z, atau kamera 41MP yang ada di Nokia 808 PureView.

Dalam teknologi fotografi digital, terdapat istilah jumlah pixel dan ukuran pixel. Pihak HTC berpendapat, yang terpenting bagi mereka bukanlah jumlah pixel.

Wakil presiden urusan desain HTC, Scott Croyle mengatakan, selama ini konsumen telah disesatkan pada pentingnya jumlah pixel di kamera, yang memberi keterangan 5MP, 8MP, atau 12MP.

HTC menilai ukuran pixel jauh lebih penting. Ukuran pixel adalah dimensi fisik sesungguhnya dari reseptor cahaya (foto dioda) dalam sensor kamera. Sensor pada HTC One diperbesar hingga berukuran fisik 1/3 inci yang memiliki ukuran pixel 4 mikro meter persegi (2 mikro meter x 2 mikro meter).

Ukuran pixel HTC One kira-kira dua kali lebih lebih besar dibandingkan ukuran pixel normal yang ada di ponsel pintar lain, bahkan yang sekelas iPhone 5 dan Lumia 920. Ini bukan pekerjaan mudah, karena HTC harus membesarkan ukuran pixel di tengah ruang ponsel pintar yang tipis dan sempit.

Apakah ukuran pixel yang lebih besar berpengaruh pada kualitas gambar?

Semakin besar bentuk fisik ukuran pixel, membuat cahaya yang ditangkap kamera akan semakin banyak. Ia juga memungkinkan kamera memotret gambar lebih terang di lokasi yang kekurangan cahaya. HTC mengklaim, ukuran pixel pada HTC One bisa mengumpulkan cahaya 300 persen lebih banyak dibandingkan ukuran pixel pada ponsel lain.

Pendek kata, HTC One menawarkan kualitas gambar setara dengan kamera "sungguhan." Sayangnya, karena terbatas ukuran sensor dalam ruang ponsel pintar, HTC hanya bisa memasukkan jumlah pixel sebesar 4,3MP.

Dari sisi lensa, HTC One menggunakan lensa autofokus dengan focal length 28mm (ekuivalen 35mm) dengan bukaan f/2.0. Bukaan lensa ini lebih besar dibandingkan f/2.4 yang dipakai iPhone 5 dan Lumia 920.

Selain itu, kamera pada HTC One juga dibekali dengan optical image stabilization, yang berfungsi meredam guncangan saat Anda sedang memotret atau merekam video. Kamera ini dapat merekam video resolusi HD 1080p dan 60fps.

Sedangkan untuk kamera depan, HTC One dibekali sensor 2,1MP dengan lensa sudut lebar yang juga mampu merekam video beresolusi 1080p.

Dengan mengusung istilah UltraPixel, HTC coba meyakinkan bahwa jumlah pixel bukanlah segalanya untuk melihat kualitas kamera ponsel. Ukuran pixel juga harus diperhatikan. Dalam beberapa tahun ke depan, nampaknya HTC akan terus menggunakan istilah UltraPixel ini sebagai daya tarik pada fitur kamera.

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Editor : Reza Wahyudi