Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aplikasi Keyboard Android "SwiftKey" Paham Jawa dan Sunda

Kompas.com - 21/02/2013, 16:03 WIB

The Verge Aplikasi sistem keyboard SwiftKey 3 untuk Android

JAKARTA, KOMPAS.com - Aplikasi papan ketik virtual SwiftKey kini tersedia dalam versi keempat di toko aplikasi Google Play, sejak Rabu (20/2/2013). SwiftKey 4 makin memberi sensasi mengetik yang mengasyikan di perangkat Android.

Di SwiftKey 4 versi berbayar, selain mendukung bahasa Indonesia, ia juga mendukung bahasa Jawa dan Sunda. Menarik, bukan?

SwiftKey dapat mengoreksi dan memprediksi kata yang Anda ketik. Ia mengumpulkan data tentang kata yang Anda ketik. Kata-kata itu dikumpulkan dalam data SwiftKey secara anonim dengan algoritma khusus. Sehingga, SwiftKey bisa memprediksi kata apa yang akan Anda ketik selanjutnya, berdasarkan apa yang pernah Anda ketik di masa lalu.

SwiftKey Flow, adalah sebuah fitur baru yang ditawarkan di SwiftKey 4. Fitur ini memungkinkan pengguna mengetik cepat dengan metode gestur tanpa harus mengangkat jari. Jadi, satu jari Anda cukup digeser dari satu huruf ke huruf lain. SwiftKey akan memprediksi kata selanjutnya berdasarkan konteks kalimat. Selain itu, Anda juga tak perlu mengangkat jari untuk menambah spasi.

"Itu sebabnya kami membangun SwiftKey untuk memahami konteks kata-kata, bukan hanya ejaan. Ia bekerja untuk kata selanjutnya dan menyesuaikan diri dengan Anda," kata Ben Medlock, pendiri sekaligus CTO SwiftKey dalam siaran persnya.

Aplikasi keyboard virtual yang mendukung 60 bahasa ini dijual dengan harga 2,14 dollar AS di Google Play. Bagi Anda yang telah menggunakan SwiftKey versi berbayar generasi sebelumnya, dapat melakukan upgrade dengan harga khusus.

Selain berbayar, SwiftKey juga menyediakan versi gratis. Namun, fitur yang diberikan pada versi gratis tentu berbeda dengan versi berbayar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com