Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Instagram Segera Hadir di BlackBerry 10?

Kompas.com - 22/02/2013, 13:47 WIB

KOMPAS.com - Rayuan BlackBerry kepada Instagram untuk menghadirkan aplikasi native mereka di platform BlackBerry (BB) 10 tampaknya menemui jalan buntu. Pihak Instagram masih belum bergeming dari keputusannya untuk tidak menghadirkan aplikasi berbagi foto tersebut di BB10.

"Tidak akan ada aplikasi (native) Instagram untuk BB10 untuk saat ini. Sebetulnya, saya tidak yakin apakah aplikasi tersebut akan diluncurkan di platform tersebut, setidaknya dalam waktu dekat ini," kata sebuah sumber yang dekat dengan Instagram, seperti dikutip dari situs AllThingsD, Jumat (22/2/2013).

Untungnya, keputusan ini tidak membuat Instagram benar-benar melupakan BB10. Perusahaan tersebut dikabarkan sedang mengerjakan porting dari aplikasi Instagram versi Android.

Meski begitu, keputusan porting ini dianggap masih kurang memuaskan. Hasil porting biasanya tidak menghadirkan pengalaman yang maksimal di platform lain. Dalam beberapa kasus, aplikasi porting berjalan lebih lambat dibandingkan di sistem operasi asalnya.

BlackBerry sendiri sudah mengeluarkan pendapatnya mengenai masalah ini.

"Kami memiliki hubungan yang kuat dan secara aktif meminta Instagram untuk mendukung BB10. Namun, kami belum memiliki tanggal ketersediaan aplikasi tersebut pada saat ini," kata Martyn Mallick, VP Global Alliances BlackBerry.

Di luar aplikasi Instagram sendiri, sebenarnya platform BB10 sudah dipenuhi dengan berbagai aplikasi populer lain, seperti WhatsApp, Skype, Evernote, Kindle, DropBox, hingga layanan jejaring sosial Facebook, Twitter, Foursquare, dan LinekdIn.

Ada pula game seperti Angry Birds Star Wars, Where's My Water, Plants vs. Zombies, Fruit Ninja, Cut the Rope, dan JetPack Joyride.

Total, terdapat 70.000 aplikasi untuk BB 10 pada awal peluncurannya, 30 Januari 2013 yang lalu. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com