Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Blok 3G Bertambah, Telkomsel dan XL Janjikan Internet Kencang

Kompas.com - 26/02/2013, 11:00 WIB

Aditya Panji/KompasTekno

JAKARTA, KOMPAS.com - Telkomsel dan XL Axiata keluar sebagai pemenang seleksi kanal 3G tambahan di spektrum frekuensi 2.100MHz yang digelar Kementerian Komunikasi dan Informatika. Kedua operator seluler itu berjanji untuk meningkatkan layanan internet 3G.

Kini, Telkomsel dan XL masing-masing memiliki 3 blok kanal 3G dan punya alokasi pita sebesar 15MHz di frekuensi 2.100MHz.

Kepala Pusat Informasi dan Humas Kementerian Kominfo Gatot S. Dewa Broto, mengatakan, dengan ini Telkomsel menempati blok 4, 5 dan 11, sementara XL berada di blok 9, 10, dan 12.

Namun, nantinya Kemenkominfo akan melakukan penataan ulang spektrum frekuensi 2.100MHz agar setiap blok kanal 3G yang dimiliki operator seluler berada dalam posisi berdampingan (contiguous). Ini dilakukan supaya layanan data yang diberikan operator seluler bisa optimal.

Direktur Technology & Digital Services XL, Dian Siswarini, menjanjikan XL akan menambah kapasitas dan kualitas layanan internet berbasis 3G. "Kecepatan internet bisa lebih tinggi karena adanya tambahan kanal 3G," ujar Dian usai meluncurkan aplikasi myXL Store di Jakarta, Senin (25/2/2013).

Pengguna layanan data XL dijanjikan mendapat pengalaman mengakses internet yang lebih cepat. Dari 45,8 juta pelanggan XL, sekitar 56 persen di antaranya memakai layanan data.

Senada dengan XL, Telkomsel juga berjanji untuk memberi layanan data yang lebih baik. Head of Corporate Communications Group Telkomsel, Adita Irawati mengatakan, pihaknya akan memenuhi komitmen untuk membangun jaringan hingga persiapan modal, yang telah dijanjikan dalam dokumen kelayakan seleksi.

"Telkomsel siap bertransformasi menuju babak teknologi terbaru dan mengantarkan Indonesia menuju perekonomian masyarakat berbasis pita lebar," kata Adita dalam pernyataan resmi yang diterima KompasTekno.

Sekarang, tim seleksi kanal 3G memberi kesempatan masa sanggah kepada pihak-pihak (peserta seleksi) yang merasa keberatan dengan hasil seleksi ini, pada 26 hingga 27 Pebruari 2013. Jika tak ada perubahan berarti dalam hasil seleksi 3G ini, maka Menteri Kominfo Tifatul Sembiring akan menetapkan hasil seleksi pada 5 Maret 2013.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com