Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Microsoft Ungkap Statistik Aplikasi Windows Phone

Kompas.com - 26/02/2013, 16:14 WIB

KOMPAS.com — Microsoft mengumumkan beberapa statistik aplikasi Windows Phone di sela-sela pesta gadget Mobile World Congress 2013 yang tengah berlangsung di Barcelona, Spanyol.

Salah satu statistik yang paling menarik perhatian adalah jumlah aplikasi Windows Phone yang telah tersedia di toko aplikasinya. Microsoft menyatakan, saat ini sudah terdapat sekitar 130.000 aplikasi dan game yang bisa diunduh pengguna dari Windows Phone Store.

"Aktivitas di Windows Phone Store mengalami peningkatan yang signifikan, tertinggi dalam sejarah kami, pengunduhan aplikasi naik 75 persen, pendapatan dari aplikasi berbayar naik 91 persen, dan tercatat terdapat lebih dari 1 miliar transaksi," tulis Head of Windows Phone App Ecosystem Todd Brix di blog resmi Windows Phone Developer, Senin (25/2/2013).

Selain itu terdapat peningkatan jumlah rata-rata aplikasi yang diunduh oleh pengguna. Satu pengguna tercatat rata-rata mengunduh aplikasi di Windows Phone Store sebanyak 55 kali. Tingginya angka ini berkat aplikasi-aplikasi populer, seperti WhatsApp, Facebook, dan Twitter.

Jumlah aplikasi yang meningkat drastis tak lepas dari peran para pengembang aplikasi atau developer dari seluruh dunia. Jumlah developer Windows Phone, diklaim Microsoft, bertambah sebanyak 40.000 orang dalam kurun waktu 90 hari setelah peluncuran Windows Phone 8.

Microsoft mengatakan, Windows Phone 8 SDK alias tools pengembangan aplikasi Windows Phone 8 pun telah diunduh sebanyak 500.000 kali sejak diluncurkan empat bulan lalu.

Untuk membantu developer memantau aplikasi yang telah masuk ke Windows Phone Store, Microsoft menyediakan aplikasi Dev Center yang dapat diunduh dari link ini.

Aplikasi ini memungkinkan tim developer memantau jumlah unduhan aplikasi buatannya tanpa perlu masuk ke situs Dev Center. Selain itu, disajikan pula statistik aplikasi, seperti jumlah crash, pembayaran, dan metriks lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com