Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kirim Uang via BBM Hadir di Indonesia

Kompas.com - 26/02/2013, 18:15 WIB



JAKARTA, KOMPAS.com -
Indonesia menjadi negara pertama di dunia yang mengembangkan layanan pembayaran atau transfer uang secara digital melalui aplikasi pesan instan BlackBerry Messenger (BBM) Money. Inovasi ini terealisasi berkat kerjasama Permata Bank, Agit Monitise dan tentu saja, BlackBerry Indonesia.

Ketiga perusahaan ini telah berkomunikasi dan bekerja mengembangkan BBM Money selama 12 bulan. Hingga akhirnya aplikasi tersebut resmi diluncurkan pada Selasa (26/2/2013) di Jakarta.

BBM Money merupakan aplikasi yang bisa diunduh dari toko aplikasi BlackBerry World. Melalui aplikasi ini, pelanggan dapat mengakses rekening bank dari ponsel BlackBerry lalu mengirim uang atau melakukan pembayaran ke kontak BBM teman yang juga telah memiliki akun BBM Money.

Dibuatnya aplikasi BBM Money didasarkan atas jumlah pengguna BBM yang besar di Indonesia. Managing Director BlackBerry Indonesia, Maspiyono Handoyo mengatakan, BlackBerry masih menguasai pasar ponsel di Indonesia. Saking banyaknya pengguna BlackBerry di Indonesia, tak sedikit pula orang yang berjualan lewat BBM.

Transaksi di BBM Money diklaim aman. Pengguna diharuskan melakukan registrasi dengan mengisi nama, nomor telepon seluler, dan membuat passcode sebagai kode keamanan yang harus dimasukan setiap bertransaksi.

Pengguna hanya diizinkan bertransaksi menggunakan jaringan operator seluler yang dipakai. Aplikasi ini tak mengizinkan transaksi yang memakai jaringan WiFi.

Direktur Agit Monitise Indonesia, Calvin Lim mengatakan, saat ini BBM Money bisa digunakan untuk mengirim uang, mengisi ulang pulsa, transfer antar bank. Pengguna juga bisa mengecek sejarah transaksi dalam BBM Money.

Aplikasi BBM Money akan terus dikembangkan untuk fitur baru dan memperluas layanan. "Kami akan membuat BBM Money bisa digunakan untuk membayar tagihan listrik, air, kartu seluler pascabayar, sampai kartu kredit," tegas Calvin.

Selain nasabah Permata Bank, aplikasi BBM Money juga bisa digunakan oleh nasabah bank lain yang ada di Indonesia, selama mereka memiliki perangkat BlackBerry dan memiliki akun BBM Money. Setiap bank diberikan kode untuk mempermudah proses transaksi. Permata Bank sendiri dikenali dengan kode 013 di aplikasi BBM Money.

Tentu saja, ada perlakuan yang berbeda antara nasabah Permata Bank dan nasabah dari bank lain.

Direktur Retail Banking Permata Bank, Lauren Sulistiawati menjelaskan, nasabah Permata Bank tidak dikenakan biaya tambahan saat melakukan transaksi di BBM Money. Sementara nasabah bank lain dikenakan biaya tambahan Rp 5.000 saat bertransaksi di BBM Money.
 
Saat ini BBM Money belum bisa digunakan untuk mengirim uang ke nasabah dari bank di luar negeri. Ketiga perusahaan yang mengembangkan BBM Money, juga sedang mempelajari kemungkinan menghadirkan aplikasi tersebut di sistem operasi BlackBerry 10.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com