Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bos Oracle Akuisisi Maskapai Penerbangan

Kompas.com - 01/03/2013, 10:22 WIB

Bloomberg Wealthy: Larry Ellison, the founder and chief executive of Oracle, is the fifth richest man in the world according to the Forbes rich list

 

KOMPAS.com - CEO Oracle Larry Ellison punya bisnis baru di luar bisnis aplikasi pengelolaan data digital. Miliarder asal Amerika Serikat tersebut baru saja membeli sebuah maskapai penerbangan yang bernama Island Air.

Island Air ini bukanlah sebuah maskapai dengan skala besar. Maskapai tersebut hanya melayani penerbangan antar pulau di wilayah Honolulu, Hawaii.

Meski begitu, Island Air memiliki armada pesawat yang cukup banyak. Total, Island Air memiliki 7 buah pesawat.

"Kami sangat gembira, Tuan Ellison telah membeli Island Air. Dia memiliki visi dan sumber daya untuk membawa Island Air ke tempat yang lebih tinggi," kata Les Murashige, pimpinan Island Air.

Seperti dilansir oleh Reuters, Jumat (1/3/2013), saat ini, Island Air memiliki pegawai berjumlah hanya 245 orang. Dalam perjanjian pembelian perusahaan, Ellison berjanji tidak akan mengubah komposisi karyawan yang ada. Kegiatan operasional dari Island Air pun akan tetap berjalan seperti biasa.

Tidak disebutkan berapa biaya yang harus dikeluarkan oleh Ellison. Namun, biaya yang dikeluarkan oleh Elisson diprediksi tidak terlalu berarti bagi pemilik kekayaan senilai 36 miliar dollar AS tersebut. Menurut majalah Forbes, Elisson adalah orang terkaya nomor 6 di dunia saat ini.

Tampaknya, pembelian maskapai penerbangan ini tidak ditujukkan untuk mencari laba baru. Melainkan, untuk memudahkan Ellison dalam mengembangkan negara kepulauan Hawaii.

Juru bicara Ellison menyatakan, pembelian Island Air tersebut sebagai "investasi besar dan sebuah komitmen kepada Hawaii".

Sebelumnya, Ellison juga sudah membuat sebuah investasi lain di daerah Hawaii. Ia membeli 98 persen wilayah sebuah pulau yang bernama Lana'i. Ellison mengungkapkan, akan mengubah pulau tersebut menjadi sebuah laboratorium untuk alam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com