Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 "Gadget" Terbaik di MWC 2013

Kompas.com - 01/03/2013, 13:39 WIB

Global Mobile Awards 2013

KOMPAS.com — Pesta teknologi dan perangkat mobile dunia Mobile World Congress (MWC) 2013 telah berakhir. Acara yang digelar di Barcelona, Spanyol, ini memberi penghargaan kepada perangkat mobile terbaik untuk kategori ponsel pintar, ponsel fitur, dan tablet.

Penghargaan Global Mobile Awards 2013 dari Asosiasi GSM didasarkan atas prestasi yang diraih oleh perusahaan dan perangkat sepanjang 2012 lalu.

Untuk kategori ponsel pintar terbaik, Samsung Galaxy S III keluar sebagai juara. Ponsel ini berhasil menyingkirkan Apple iPhone 5, Nokia Lumia 920, dan HTC Droid DNA.

Kategori ponsel fitur dimenangkan oleh Nokia Asha 305 yang bersistem operasi S40. Asha 305 bersaing dengan 2 produk buatan Nokia lainnya, yaitu Asha 103 dan Asha 302, serta ponsel buatan Samsung, yakni C3312 Duos.

Hasil kerja sama Google dan Asus yang melahirkan Nexus 7 dinobatkan sebagai tablet terbaik oleh Global Mobile Awards 2013. Meski dibanderol dengan harga terjangkau, Nexus 7 memberi performa yang baik sehingga mengalahkan kompetitornya, mulai dari Apple iPad 9,7 inci, iPad Mini, Samsung Galaxy Note 10.1, Amazon Kindle Fire HD 8,9, dan Asus Transformer Trinity.

Samsung berhasil menyabet beberapa penghargaan lain. Kamera bersistem operasi Android, yakni Galaxy Camera, juga berhasil menyabet gelar Best Mobile Enabled Consumer Electronics Device.

Selain itu, perusahaan asal Korea Selatan itu juga mendapat penghargaan sebagai pemanufaktur perangkat terbaik tahun 2013 dan infrastruktur mobile terbaik.

Aplikasi terbaik

Selain perangkat, MWC 2013 juga memberi penghargaan kepada aplikasi mobile terbaik.

Di ranah ini, Facebook terpilih sebagai aplikasi mobile terbaik untuk konsumen langsung. Evernote terpilih sebagai yang terbaik di kalangan korporasi serta aplikasi GPS sosial Waze dinobatkan sebagai aplikasi mobile terbaik secara keseluruhan pilihan juri. 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com