Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Turbo Dock", Solusi Hemat Daya AMD

Kompas.com - 02/03/2013, 13:10 WIB

engadget.com Komputer convertible Compal dengan teknologi AMD Turbo Dock di eksebisi MWC 2013


KOMPAS.com - Dari segi penggunaan daya, komputer tablet dan notebook memiliki kebutuhan yang berbeda. Tablet mensyaratkan daya tahan baterai selama mungkin, sementara notebook membutuhkan kinerja tinggi untuk menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan serius.

Perbedaan ini menimbulkan sedikit masalah di perangkat convertible yang memadukan fungsi tablet dan notebook dalam satu kemasan.

Nah, bagaimana jika kinerja dan penggunaan daya tersebut bisa diatur secara dinamis, sesuai dengan fungsi yang sedang dijalankannya?

Itulah yang ditawarkan AMD melalui teknologi "Turbo Dock" yang didemonstrasikan dalam pameran Mobile World Congress (MWC) yang sedang berlangsung di Barcelona, Spanyol.

AMD menunjukkan komputer convertible berbasis Windows 8 buatan Compal. Di dalam produk gabungan tablet-notebook dengan layar 13 inci 1080p ini tertanam prosesor quad-core baru dari keluarga "Temash".

Menurut keterangan pers yang diterima Kompas Tekno, komputer convertible yang dibekali teknologi Turbo Dock akan berjalan dengan mode hemat data saat difungsikan sebagai tablet. Pengguna pun diharapkan bisa memperpanjang waktu browsing atau menikmati konten multimedia seperti video.

Begitu tertancap di unit docking, komputer yang bersangkutan secara otomatis menggenjot kinerja CPU dan GPU hingga mencapai 40 persen lebih tinggi dibandingkan saat berada dalam mode tablet.

Untuk menangani panas yang muncul akibat peningkatan kinerja tersebut, disediakan saluran angin khusus  pada konekor unit docking yang akan tersambung dengan komputer.

Penasaran? Berikut ini video singkat dari AMD yang menjelaskan tentang teknologi Turbo Dock.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com