Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diperbarui, Path Kini Punya Fitur "Chatting"

Kompas.com - 07/03/2013, 13:14 WIB

Path Path

KOMPAs.com - Aplikasi jejaring sosial Path memasuki pembaruan tahap ketiga. Dalam pembaruan yang dirilis Rabu (6/3/2013), Path menambah layanan pesan instan yang mereka sebut sebagai private chat (obrolan pribadi).

Keberadaan obrolan pribadi, bertujuan membuat Path tetap pada esensi dasarnya, yakni jejaring sosial yang digunakan antar-teman dekat dan keluarga saja. Path ingin membangun jejaring sosial yang berkualitas. Hal ini pulalah yang membuat Path membatasi jumlah pertemanan maksimal 150 orang.

Pesan instan di Path bisa digunakan antar personal maupun grup. Pengguna bisa berkirim pesan teks, lagu, suara, stiker, video, foto dan lokasi.

Path nampak ingin menghasilkan uang dari layanannya dengan menjual item virtual. Selain stiker gratis, ada pula stiker berbayar yang bisa dibeli di dalam aplikasi (in-app purchase). Path juga menjual filter foto baru. Semua fitur baru itu hanya tersedia dalam modus obrolan pribadi.

Persaingan dalam bisnis aplikasi instan semakin memanas. Path akan bersaing dengan Line, KakaoTalk, WeChat, yang notabene sangat populer di kawasan Asia. Ketiganya juga mulai serius merambah pasar Indonesia.

Sejak diluncurkan pada November 2010, Path hingga kini hanya tersedia untuk perangkat bersistem operasi iOS dan Android.

Perusahaan ini didirikan oleh Shawn Fanning dan mantan petinggi Facebook, Dave Morin. Berkantor di San Fransisco, California, AS, Path telah mendapat suntikan dana dari investor perorangan maupun perusahaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com