Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Pamerkan Sepatu "Adidas" Bisa Bicara

Kompas.com - 11/03/2013, 14:49 WIB
Oik Yusuf

Penulis

EngadgetSepatu pintar buatan Google.

KOMPAS.com — Mempunyai dana riset yang luar biasa besar membuat Google bisa berinovasi dengan "liar". Setelah mengejutkan dengan proyek kacamata pintar Google Glass, Google kembali memamerkan proyek yang cukup nyeleneh.

Perusahaan mesin pencari di internet ini memamerkan sepasang sepatu pintar. Seperti dikutip dari Engadget, Senin (11/3/2013), sepatu bikinan Google ini dapat berbicara layaknya manusia ke penggunanya.

Sepatu Google ini dapat memberi komentar atas segala kegiatan yang dilakukan oleh pemakainya. Misalnya, saat penggunanya bermalas-malasan, sepatu ini langsung berteriak dan mengajak penggunanya untuk jalan-jalan atau bergerak.

Suara yang dikeluarkannya berasal dari speaker yang terdapat di bagian atas sepatu. Terdapat pula sensor gyroscope dan accelerometer yang dapat mampu mendeteksi gerakan pemakainya.

Saat diperagakan, Google menggunakan sepatu olahraga merek Adidas yang dilengkapi seperangkat mikrokontroler.

Engadget

Selain dapat mengeluarkan respons suara, sepatu ini dapat memberikan responsnya ke ponsel Android melalui Bluetooth.

Engadget

Sepatu pintar ini bagian dari proyek Art, Copy, & Code yang merupakan bagian dari divisi Google Playground.

Meski sangat menarik konsepnya, Google belum berencana memproduksi sepatu pintar ini secara massal. Juru bicara Google menyatakan kepada Cnet, sepatu pintar yang dipamerkan pada ajang SXSW di AS tersebut hanyalah sebuah eksperimen dan Google tidak akan masuk ke industri sepatu. 

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com