Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

WiFi Gratis di Singapura Makin 'Ngebut'

Kompas.com - 13/03/2013, 09:56 WIB

BBC

KOMPAS.com - Pemerintah Singapura makin gencar meningkatkan infrastruktur telekomunikasi nirkabel. Mulai April 2013, jaringan WiFi gratis di area publik akan ditingkatkan kecepatannya dua kali lipat.

Dari 1 mega bita per detik (Mbps), kecepatan jaringan WiFi bernama Wireless@SG akan ditingkatkan jadi 2Mbps. Hal ini diungkapkan oleh Menteri Komunikasi dan Informasi Singapura Yaacob Ibrahim saat berbicara di depan parlemen.

"Jaringan Wireless@SG gratis sangat populer. Banyak bisnis yang berlangganan Wireless@SG untuk operasional mereka, seperti pembayaran online dan pengawasan fasilitas. Tapi sistem ini sekarang sudah berusia lebih dari 6 tahun," kata Yaacob seperti dikutip dari ZDNet.

Ia menjelaskan, peningkatan WiFi publik ini akan menawarkan proses login yang lebih sederhana. Bukan seperti sistem yang ada sekarang, yang mengharuskan pengguna memasukkan data berulang kali.

Di kemudian hari, sistem akan mengenali pengguna terdaftar melalui kartu SIM di perangkat mobile. Menurut Yaacob, WiFi publik akan melengkapi jaringan nirkabel negara selain 3G dan 4G LTE. WiFi diharap dapat meringankan beban lalu lintas 3G dan 4G dari jaringan operator seluler.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com