Pentingnya Bekerja di Kantor ketimbang di Rumah - Kompas.com

Pentingnya Bekerja di Kantor ketimbang di Rumah

Kompas.com - 14/03/2013, 16:42 WIB

siliconangle.com Kantor Pusat Yahoo! Inc di Sunnyvale, California, AS.

KOMPAS.com — Banyak orang mengkritik keputusan CEO Yahoo! Inc., Marissa Mayer, yang melarang karyawannya untuk bekerja dari rumah, termasuk miliarder dan pengusaha sukses sekelas Richard Branson, pendiri dan CEO Virgin Group. Dalam blognya, Branson bahkan menyebut peraturan itu membingungkan dan kuno.

Memang ada banyak orang sukses seperti Branson yang tidak pernah bekerja dari kantor. Contohnya, James Hamilton, bos engineer di Amazon.com yang bertanggung jawab atas infrastruktur teknologi Amazon. Dia bekerja dari kapal pesiar yang sekaligus menjadi rumahnya untuk memastikan situs Amazon bekerja dengan baik—apalagi ada banyak situs, seperti Pinterest dan Reddit, bergantung pada layanan Amazon.

Ada pula Larry Ellison, CEO Oracle, yang jarang bekerja di kantor. Terkadang dia memang bekerja di kantor, tetapi bisa meninggalkan kantornya itu untuk waktu yang lama. Miliarder yang bergaya hidup mewah ini senang berkeliling dunia. Dia bisa bekerja di Pulau Lanai miliknya yang terletak di Hawaii, atau di rumah-rumah besarnya yang berada di banyak tempat.

Tetapi, ada banyak juga orang sukses yang tetap produktif meskipun tidak bekerja di rumah. Contohnya, mantan CEO Apple Inc Steve Jobs semasa hidupnya dan CEO LinkedIn, Jeff Weiner. Selain mereka, masih ada Michael Bloomberg. Bloomberg mendukung keputusan yang diambil oleh Marissa Mayer, bahkan mengatakan bahwa bekerja di rumah adalah hal terbodoh yang pernah dia dengar.

Sebenarnya, tidak ada salahnya bekerja dari rumah ataupun dari kantor selama karyawan tetap produktif dan bertanggung jawab. Bekerja di kantor pun punya banyak manfaat bagi karyawan, terutama mereka yang baru atau para fresh graduate.

Dalam sebuah artikel berjudul "The First Secret of Success Is Showing Up" yang di-posting di blog Harvard Business Review, Rosabeth Moss Kanter, seorang profesor di Harvard Business School, menyampaikan alasan pentingnya untuk hadir di kantor.

Teknologi membantu kita terhubung dengan siapa saja dan di mana saja dalam waktu yang singkat. Teknologi bisa membantu kita mengumpulkan ide-ide dan bekerja dalam tim secara virtual tanpa perlu berkumpul di satu tempat. Tetapi, menurut Kanter, ketika bekerja bersama di satu tempat, ada emosi yang dapat dirasakan oleh setiap anggota tim.

Itulah alasan mengapa orang masih rela membeli tiket mahal untuk menonton pertandingan olahraga secara langsung. Padahal, mereka bisa saja menonton tayangannya secara gratis di televisi.

Memang tidak ada yang salah dengan bekerja secara remote dan memanfaatkan teknologi. Tetapi, dengan hadir di kantor, karyawan bisa menambah pengetahuannya lebih banyak, meningkatkan hubungan dengan rekan kerja, dan menunjukkan kepeduliannya terhadap lingkungan kerjanya.

Selain itu, karyawan kantoran bisa bertemu muka dan berinteraksi langsung dengan orang lain, termasuk atasan. Pada intinya, kesempatan terbuka lebih banyak bagi orang-orang yang hadir pada saat dan tempat yang tepat. Dalam hal pekerjaan, tempat itu adalah kantor.

Bagi karyawan baru atau yang ingin mengejar karier, bekerja dari rumah justru bisa jadi hambatan karena bisa membatasinya bertemu dengan orang lain dan melakukan networking. Karyawan di sebuah startup (perusahaan rintisan) pun termasuk dalam daftar orang yang perlu bekerja di kantor. Berkumpul dan bekerja sama di suatu tempat atau kantor akan memudahkan mereka memberikan ide atau merespons masalah dengan cepat.

EditorReza Wahyudi
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM