Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Galaxy "Tizen" Secanggih S4 Meluncur Agustus

Kompas.com - 18/03/2013, 10:42 WIB

 

KOMPAS.com - Samsung kembali membeberkan sedikit informasi mengenai produk smartphone berbasiskan sistem operasi Tizen.

Dalam sebuah wawancara dengan Bloomberg, Lee Young-hee, Executive Vice President of Mobile Samsung, mengungkapkan, perusahaan asal Korea Selatan tersebut akan meluncurkan sebuah  high-end di tahun 2013 ini.

Nantinya, ponsel Tizen ini akan diposisikan setara dengan dua smartphone high-end Samsung lainnya, yaitu Galaxy S4 dan Galaxy Note versi baru.

"Perangkat ini akan menjadi produk terbaik yang dilengkapi dengan spesifikasi terbaik," kata Lee Young-hee, seperti dikutip dari The Verge, Senin (18/3/2013).

Konsumen yang sudah berharap untuk membeli atau setidaknya mencoba perangkat ini pun tidak perlu menunggu terlalu lama. Samsung berencana untuk menghadirkan produk Tizen tersebut ke pasaran pada Agustus atau September 2013 mendatang.

Keputusan Samsung untuk menghadirkan ponsel high-end berbasis Tizen tidak terduga sebelumnya. Pasalnya, "akar" dari sistem operasi Tizen ini adalah Bada dan MeeGo, dua sistem operasi mobile yang kebanyakan digunakan di perangkat ponsel kelas low dan mid range.

Tizen merupakan sistem operasi bersifat terbuka (open source) untuk perangkat mobile yang memakai inti program (kernel) Linux. Kernel ini juga digunakan pada Android.

Tizen merupakan proyek besar Samsung bersama produsen prosesor Intel dan Linux Foundation. Selain itu, Fujitsu, NEC, Huawei, Panasonic, juga telah bergabung dalam proyek Tizen. Dari sektor operator seluler, Tizen didukung oleh NTT DoCoMo, Orange, Vodafone, Sprint, serta dua operator Korea Selatan, SK Telecom dan KT.

Tizen diharapkan menjadi sistem operasi mobile alternatif selain iOS, Android, Windows Phone dan BlackBerry 10, yang sudah eksis di pasar global.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com