Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Separuh Pengguna BB10 dari Android dan iPhone

Kompas.com - 18/03/2013, 15:56 WIB


KOMPAS.com - Smartphone baru dari BlackBerry ternyata mencuri pengguna iPhone dan Android. Hal itu diungkapkan dalam nota bank investasi RBC Capital Markets, seperti dikutip oleh Forbes.

Sebanyak 45 persen pengguna BlackBerry Z10, menurut catatan tersebut, berasal dari kalangan pengguna dua sistem operasi mobile terbesar di dunia itu.

Penjualan BlackBerry di kuartal keempat pun diperkirakan bakal lebih tinggi dari perkiraan awal. Meski proyeksi penjualan mulai dari titik rendah, permintaan dari konsumen dan kalangan korporat disebut cukup menggembirakan.

Walaupun begitu, kesuksesan BlackBerry 10 akan ditentukan oleh permintaan dari pasar Amerika Serikat, yang menurut RBC Capital Markets merupakan tempat di mana 20 persen basis pelanggan BlackBerry berada.

Di negeri Paman Sam ini, data terakhir dari comScore menunjukkan bahwa BlackBerry hanya menguasai 7,8 persen dari keseluruhan pangsa platform smartphone, berbanding 53,6 persen yang dicatat Google (Android) dan 34,3 persen untuk Apple.

Masalah lainnya adalah aplikasi dan ekosistem yang jauh tertinggal dari para pesaing utama. Beberapa produsen aplikasi populer seperti Instagram, Skype, dan Netflix belum membuat software versi native untuk platform ini.

BlackBerry 10 merupakan pertaruhan besar BlackBerry. Meskipun sebagian pihak merasa skeptis dengan platform yang benar-benar baru ini, saham BlackBerry sendiri telah mengalami kenaikan sebesar 34 persen sepanjang 2013.

TIm riset RBC memperkirakan BlackBerry bakal mengkapalkan 500.000 unit smartphone di kuartal Februari, lebih besar dari perkiraan sebelumnya sebanyak 350.000 unit. Minggu lalu, produsen tersebut mengungkap pembelian 1 juta unit BlackBerry Z10 oleh sebuah "partner lama".

Berita-berita seputar BlackBerry 10 dapat diikuti di liputan khusus KompasTekno dari tautan berikut ini atau tautan ini untuk akses dari ponsel/tablet.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com