Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aplikasi "Lagu Anak Indonesia", Agar Anak Tak Terjebak

Kompas.com - 21/03/2013, 11:33 WIB

Aplikasi Lagu Anak Indonesia 01, untuk Android dan iOS

JAKARTA, KOMPAS.com - Anak-anak sepatutnya mengkonsumsi lagu yang sesuai dengan usianya. Jika anak Anda terjebak dalam selera musik dewasa bertema cinta, benci, cemburu, tapi rindu, ada baiknya mencoba sebuah aplikasi mobile yang menawarkan lagu anak era 1980-an.

Aplikasi itu bernama Lagu Anak Indonesia 01, yang dikembangkan Pelangi Interaktif Studio bersama Hicca Animation Studio. Aplikasi ini bisa diunduh gratis di perangkat bersistem operasi Android dan iOS.

Bayu Sulistyo Subyantoro, adalah salah seorang inisiator aplikasi Lagu Anak Indonesia 01, yang mencoba membawa anak-anak agar mengenal lagu anak. "Lagu Anak Indonesia 01 adalah aplikasi buatan lokal yang bertujuan mengenalkan lagu-lagu anak era 80-an yang kini semakin menghilang," katanya dalam siaran pers yang diterima KompasTekno.

Visual yang ditampilkan aplikasi Lagu Anak Indonesia 01 sangat cocok untuk anak-anak. Aplikasi ini membawa karakter animasi hewan monyet bernama Uwa, Mica si harimau, dan Pito si badak. Sambil mendengar lagu, anak bisa sambil memandangi gerakan tiga karakter itu.

"Melalui karakter Uwa, Mica, dan Pito, serta gerakan mereka yang lucu, kami coba menghadirkan kegembiraan anak-anak masa kini dan memberi musik yang cocok untuk usia mereka," jelas Bayu.

Begitu memilih sebuah lagu, aplikasi akan menampilkan judul lagu serta penciptanya. Secara tak langsung anak belajar tentang nama-nama pencipta lagu seperti A.T. Mahmud, Pak Kasur, Ibu Sud, hingga Daljono.

Lagu Pelangi-pelangi dan Balonku Ada Lima bisa dinikmati secara gratis. Jika ingin mendengarkan lagu Bintang Kecil, Lihat Kebunku, Cicak-cicak di Dinding, dan Dua Mata Saya, Anda harus membayar Rp 9.500 (untuk perangkat iOS) per lagu.

Pelangi Interaktif Studio memberlakukan metode pembelian lagu dalam aplikasi atau in-app purchase. Ini cara mereka untuk menghasilkan uang dari aplikasi yang telah dibuat.

Bayu mengatakan, aplikasi Lagu Anak Indonesia 01 sudah diunduh lebih dari tiga puluh ribu kali, dan sempat menempati urutan pertama dalam kategori edukasi aplikasi gratis di iPad. Jika Anda ingin mencoba Lagu Anak Indonesia 01, sila unduh di toko aplikasi Google Play dan Apple App Store.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com