Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pendiri BlackBerry Ingin Wujudkan "Star Trek"

Kompas.com - 22/03/2013, 10:28 WIB

APMike Lazaridis, co-CEO dari Research in Motion.

KOMPAS.com Pendiri dan mantan CEO BlackBerry, Mike Lazaridis, ternyata memiliki ketertarikan terhadap teknologi kuantum.

Begitu tertariknya dia sehingga meluncurkan dana investasi 100 juta dollar AS bernama Quantum Valley Investment bersama rekan sesama pendiri BlackBerry, Doug Fregin. Tujuannya, mewujudkan aplikasi komersial dari terobosan dalam ilmu kuantum.

Lalu, seperti apakah wujud "terobosan" yang dimaksud? Menurut Lazaridis, contoh aplikasinya bisa dilihat dalam seri film fiksi ilmiah Star Trek.

"Ada banyak pembicaraan soal teknologi kuantum yang mulai banyak diterapkan, bahkan ada hadiah untuk Tricorder medis seperti yang dipakai di Star Trek," ujar Lazaridis dalam wawancara dengan Bloomberg yang dikutip oleh Cnet.

Tricorder medis adalah alat di film Star Trek yang bisa dipakai untuk mendeteksi gangguan kesehatan atau cedera pada seseorang, hanya dengan memindai tubuh dari luar. Bentuknya mirip kalkulator berukuran besar.

Lazaridis tak lupa menambahkan bahwa saat ini sudah banyak gadget atau teknologi dalam seri film fiksi ilmiah populer itu yang sudah menjadi kenyataan. "Dari mulai komputer, pengenalan suara, hingga communicator pada smartphone dan komputer modern," imbuhnya.

Lazaridis mundur dari jabatan sebagai CEO BlackBerry pada Januari 2012 di tengah-tengah kekecewaan investor atas turunnya pendapatan perusahaan tersebut.

Sejak itu dia mengejar ketertarikannya di bidang teknologi kuantum. Selain Quantum Valley Investment, Lazaridis juga telah meluncurkan Pusat Kuantum-Nano di Ontario, Kanada, September tahun lalu.

"Sudah banyak peneliti yang datang membawa penemuan-penemuan luar biasa. Kami bisa melihat potensinya," ujar Lazaridis. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com