Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

15 Tim Indonesia Berebut "Tiket ke Rusia"

Kompas.com - 23/03/2013, 11:12 WIB

Didik Purwanto/KOMPAS.com Pemenang Imagine Cup 2012 berfoto bersama dengan President Director Microsoft Indonesia Andreas Diantoro, Corporate VP Developer and Platform Evangelism Microsoft Corporation Walid Abu Hadba, Utusan khusus Presiden RI untuk MDG Nila F Moeloek dan Direktur Jenderal Aplikasi Telematika Kementerian Komunikasi dan Informatika Ashwin Sasongko di Balai Kartini Jakarta, Selasa (15/5/2012).

 

KOMPAS.com - Program Imagine Cup 2013, kompetisi inovasi teknologi tahunan bertaraf internasional yang digagas Microsoft, mengumumkan 15 tim yang masuk ke babak semi final. Lima belas tim yang dinyatakan lolos ke babak selanjutnya ini kembali bertanding pada 23 Maret 2013 di Jakarta.

Pihak Microsoft mengklaim, acara ini begitu diminati. Hal tersebut terlihat dari begitu banyaknya peserta yang memasukkan hasil karyanya.

"Sampai batas akhir pendaftaran pada tanggal 15 Maret 2013 lalu, tercatat secara keseluruhan 1.077 mahasiswa terdaftar di 299 tim dari seluruh Indonesia, dari Sumatra Utara sampai Sulawesi Selatan," kata Risman Adnan, Direktur Developer and Platform Group, Microsoft Indonesia, seperti tertulis pada siaran pers Microsoft, Sabtu (23/3/2013).

Dari keseluruhan peserta, Microsoft Indonesia menerima 75 mahasiswa dari 210 tim yang terbagi ke dalam tiga kategori, yaitu Games, Innovation, dan World Citizenship.

Untuk kategori Games, diikuti oleh 285 mahasiswa dari 79 tim, kategori Innovation tercatat ada 203 mahasiswa dari 61 tim, dan kategori World Citizenship terdaftar 237 mahasiswa dari 70 tim.

Lima belas tim peserta babak semi final ini memiliki latar belakang perguruan tinggi yang cukup beragam. Mereka berasal dari 8 perguruan tinggi yaitu Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta, Universitas Indonesia (UI) Depok, UniversitasTrunojoyo Madura, Institut Teknologi Bandung (ITB), Institut Teknologi Indonesia (ITI) Serpong, Institut Teknologi Telkom (IT Telkom) Bandung, BINUS International – Universitas Bina Nusantara, dan STMIK AMIKOM Yogyakarta.

Setelah melewati babak ini, dari masing-masing kategori akan terpilih 3 tim. Ke-tiga tim tersebut akan masuk ke babak final pada 12 April 2013 mendatang.

Selanjutnya, pemenang Imagine Cup 2013 ini akan dikirim ke Rusia untuk bertarung di tingkat global dan mendapat kesempatan meraih hadiah Grand Prize sebesar Rp 500 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com