Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
PELESTARIAN LINGKUNGAN

Wonosobo Krusial Menyangga Jateng

Kompas.com - 25/03/2013, 03:56 WIB

WONOSOBO, KOMPAS - Ekosistem lingkungan di Dataran Tinggi Dieng, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah, sangat krusial sebagai daerah resapan air di Jawa Tengah. Kerusakan lingkungan di kawasan tersebut berpotensi memicu bencana banjir dan tanah longsor pada 13 kabupaten/kota di sepanjang aliran Sungai Serayu yang bermata air di Dieng.

Demikian disampaikan Bupati Wonosobo Kholiq Arif di sela-sela panen hasil kebun bibit sekolah (KBS) dan peluncuran program kebun bibit tentara (KBT) di Kelurahan Kejajar, Kecamatan Kejajar, Minggu (24/3). Hadir dalam acara itu Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa, Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan, dan Gubernur Jawa Tengah Bibit Waluyo.

”Secara topografi, Wonosobo berada di lereng Gunung Sindoro dan Sumbing yang posisinya paling tinggi. Posisi yang strategis dan menjadi taruhan bagi wilayah lain mulai dari Kendal, Pekalongan, Banjarnegara, Cilacap, Temanggung, sampai Magelang,” kata Kholiq.

Sebagai wilayah mata air Sungai Serayu yang melintasi 13 kabupaten/kota, gundulnya hutan di Dieng akan memicu bencana di wilayah yang ada di bawahnya. Lahan kritis di Wonosobo mencapai 28.000 hektar atau sekitar 30 persen dari total luas wilayah kabupaten 98.400 hektar. Beberapa penyebab kerusakan lingkungan, yakni pembalakan liar, deforestasi hutan, dan sistem pertanian yang tidak ramah lingkungan.

Pemkab Wonosobo telah berhasil menggerakkan siswa sekolah lewat program KBS untuk menanam ratusan ribu bibit pohon. Berbagai elemen masyarakat juga dilibatkan, seperti pramuka, wartawan, PKK, tentara,dan legislatif.

Hatta mengapresiasi peran Pemkab memfasilitasi pihak-pihak lain dalam penyelamatan lingkungan di Wonosobo. Salah satunya lewat digagasnya Bukit Wartawan di Telaga Menjer yang ditanami oleh para jurnalis Indonesia sejak 2008.

Zulkifli Hasan berharap gerakan menanam pohon tersebut dapat dilakukan secara konsisten dan berkelanjutan. Dalam acara tersebut, Kementerian Kehutanan memberikan bantuan dana Rp 2 miliar bagi gerakan penanaman pohon di Kabupaten Wonosobo. (GRE/ODY)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com