Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inikah Tampilan Windows Blue?

Kompas.com - 25/03/2013, 17:46 WIB

theverge.com

KOMPAS.com - Kurang dari enam bulan setelah rilis Windows 8 pada 26 Oktober 2012, kabar tentang penerus sistem operasi teranyar dari Microsoft itu sudah banyak beredar.

Terakhir, seperti dikutip dari The Verge, screenshot "Windows Blue" -si penerus Windows 8- beredar di internet melalui situs winforum.eu.

Gambar-gambar screenshot menunjukkan tampilan Build 9364 dari Windows Blue, sebuah versi partner yang awalnya dikompilasi pada 15 Maret. Terlihat Microsoft menerapkan beberapa perubahan dari segi visual.

Ukuran susunan tile tampak lebih kecil dibandingkan Windows 8 dan bisa dikustomisasi dengan mengubah warna dan pola latar belakang serta aksen warna.

newbluetiles2_1020_verge_super_wide
Tampilan tiles di Windows Blue build 9364 (gambar: TheVerge.com)

Fitur Snap View juga diperbarui. Windows Blue kini tak hanya bisa menjalankan dua namun juga empat aplikasi secara bersamaan dalam satu layar. Hal ini juga berlaku untuk multi-monitor, di mana pengguna bisa menjalankan beberapa aplikasi di lebih dari satu layar.
snapviewwinblue1_1020_verge_super_wide
Fitur snap aplikasi di Windows Blue build 9364 (gambar: TheVerge.com)

Peningkatan lainnya termasuk opsi-opsi pengaturan baru di menu "settings" sehingga pengguna tablet tak perlu beralih ke Control Panel desktop untuk mengubah pengaturan-pengaturan tertentu, termasuk SkyDrive yang kini lebih terintegrasi dengan upload foto dari kamera dan backup sistem.

Lalu ada  Devices Charm yang kini memiliki opsi "play" baru, mirip dengan pilihan PlayTo di Windows 8. Di Share Charm ada pilihan ambil screenshot yang memudahkan pengguna mengambil gambar sebuah aplikasi.

windowsbluescreenshots5_1020_verge_super_wide
Menu "PC settings" di Windows Blue build 9364 (gambar: TheVerge.com)

Tersedia juga sejumlah gestur baru. Di Start Screen, misalnya, pengguna bisa menyapukan jari dri bawah ke atas untuk membuka bar desktop app di mana pengguna bisa mengakses opsi Snap untuk aplikasi, setting proyektor, dan beberapa setting lainnya.

Terakhir, peramban IE 11 juga tampak dalam bocoran gambar, tapi selain kehadirannya di Windows Blue, masih belum banyak informasi lain yang tersedia mengenai browser ini.

 

newblue3_1020_verge_super_wide
Peramban IE11 di Windows Blue build 9364 (gambar: TheVerge.com)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com