Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengembang Aplikasi Mulai Lirik BlackBerry 10

Kompas.com - 28/03/2013, 11:20 WIB

Aditya Panji/KompasTekno BlackBerry

KOMPAS.com - Awalnya, para pengembang (developer) enggan untuk membuat aplikasi native atau khusus untuk platform BlackBerry 10. Namun kini, setelah melihat larisnya perangkat BlackBerry 10 di beberapa negara, para developer mulai berubah pikiran.

Menurut Martyn Mallick, Vice President for Global Alliances and Business Development BlackBerry, beberapa developer kini sudah menyatakan komitmennya untuk membuat aplikasi native untuk platform berbasis QNX tersebut.

Beberapa developer lain juga mulai menambahkan fitur-fitur yang mendukung BlackBerry 10. Mallick mencontohkan, aplikasi Amazon Kindle kini sudah memiliki fitur spesifik untuk BlackBerry 10.

Selain itu, aplikasi eBay juga mendukung fitur push notification untuk BlackBerry.

Meski begitu, Mallick sadar betul masih ada beberapa developer besar, seperti Instagram, yang belum memiliki rencana untuk menghadirkan aplikasinya di platform ini.

"Masih ada beberapa rekanan yang tidak dalam posisi di mana jadwal mereka sejalan dengan jadwal kami. Ada beberapa rekanan lainnya yang memiliki prioritas di tempat lain, belum tentu di dunia mobile," ujar Mallick, seperti dikutip dari AllThingsD, Kamis (28/3/2013).

Untuk merayu para developer untuk mengembangkan aplikasi native, BlackBerry memiliki berbagai macam strategi. Salah satunya melalui jaminan pendapatan.

Melalui program ini, pihak BlackBerry menjamin, developer bisa saja mendapatkan pendapatan sebesar 10.000 dollar AS untuk satu aplikasi yang ada selama 1 tahun di BlackBerry World.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com