Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nokia Undang Developer Android Bikin Aplikasi Asha

Kompas.com - 29/03/2013, 11:02 WIB

Nokia Nokia Asha 301

KOMPAS.com - Tahun lalu Nokia menggelar program Premium Developer untuk pengembang aplikasi smartphone seri Lumia yang berbasis Windows Phone. Kini, produsen yang sama kembali mengadakan program serupa untuk developer ponsel Nokia Asha yang menggunakan sistem operasi S40.

Program bebas biaya bernama "Nokia Asha Premium Developer Program" ini dibagi menjadi dua tingkatan (level), yaitu "Productivity Tools" dan "App Promotion".

Pertama-tama developer yang berminat bisa berpartisipasi di tingkat Productivity Tools. Developer diharuskan memiliki setidaknya dua aplikasi yang beredar dalam ekosistem mobile yang ada saat ini.

Ekosistem untuk dua aplikasi yang disyaratkan tersebut tidak dibatasi pada Asha saja, melainkan juga berlaku untuk platform lain, semacam Windows Phone Store, Google Play, BlackBerry App World, dan Apple App Store.

Untuk membantu developer mengembangkan aplikasi, pihak Nokia akan memberikan ponsel Asha 310 dengan fitur dual-SIM dan WiFi senilai 102 dollar AS. Tiket untuk dukungan teknis Nokia senilai 198 dollar AS juga disediakan untuk berjaga-jaga apabila developer mengalami kesulitan.

Aplikasi hasil kreasi developer yang berhasil mendapat feedback positif dari pengguna (desain dan UI bagus, bernilai guna tinggi, menerima lebih dari 25 review dan nilai rata-rata empat bintang atau lebih tinggi) bisa diajukan untuk dua macam kesempatan promosi: voucher senilai 500 dollar AS untuk menjalankan kampanye promosi aplikasi di Nokia ad Exchange atau visibility di Nokia Store.

Pengembang aplikasi yang sudah mengikuti Nokia Asha Developer Competition juga dapat mendaftar pada program ini. Tertarik? Kunjungi situs resmi Nokia Premium Developer Program for Asha untuk keterangan lebih lanjut dan informasi pendaftaran.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com