Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Aplikasi yang Hanya Ada di Android

Kompas.com - 01/04/2013, 11:13 WIB

KOMPAS.com - Jumlah aplikasi Android di Google Play Store memang masih belum sebanyak iOS di (Apple) App Store. Meski begitu, jumlah aplikasi Android saat ini bisa dibilang lebih dari cukup dan akan terus mendekati angka aplikasi iOS.

Sampai Maret 2013, jumlah aplikasi yang telah tersedia di Google Play Store telah menyentuh angka 700.000, angka yang sudah mendekati jumlah aplikasi berbasis iOS.

Dari ratusan ribu aplikasi yang terdapat di Google Play Store, berikut ini 10 aplikasi eksklusif untuk sistem operasi buatan Google tersebut, yang tidak tersedia untuk iPhone, dikutip dari Business Insider.

1. DeskSMS. Aplikasi ini mengizinkan penggunanya untuk mengirimkan pesan teks (SMS) dan juga gambar dari perangkat Android ke desktop PC melalui Gmail, Google Talk, dan peramban Google Chrome. Harga: Gratis.

2. WiFi Analyzer. Aplikasi tersebut akan memberikan gambar mengenai seberapa kuat jaringan WiFi di sekitar pengguna dalam bentuk grafis. Harga: Gratis.

3. Weather Bomb. Ini bukanlah aplikasi tentang ramalan cuaca yang sama pada umumnya. Weather Bomb mampu menghadirkan prediksi cuaca dengan sangat mendetil. Penjelasan mengenai prediksi tersebut akan hadir dalam bentuk grafis dan tabel yang sangat mudah untuk dibaca. Harga: Gratis.

4. Google Skymap. Saat pengguna mengarahkan smartphone ke langit malam, aplikasi ini mampu memberi informasi mengenai rasi bintang, planet, dan bintang. Harga: Gratis.

5. BetterBatteryStats. Aplikasi ini mampu menganalisis semua aplikasi yang bekerja di smartphone. Hasil analisisnya, aplikasi tersebut akan memberi tahu aplikasi mana yang menyedot daya baterai paling banyak. Harga: 2.89 dollar AS.

6. APP Lock. Dengan menggunakan aplikasi ini, pengguna dapat melindungi aplikasi lain yang terinstal di smartphone Android dengan menggunakan kata sandi. Harga: Gratis.

7. SwiftKey 3. Aplikasi tersebut mampu membantu pengguna mengetik dengan lebih akurat. SwiftKey mampu memberikan prediksi dan koreksi dari setiap kata yang diketik. Harga: 3.99 dollar AS.

8. Tasker. Aplikasi yang satu ini mengizinkan pengguna untuk melakukan tweak terhadap beberapa fitur spesifik ponsel, seperti menyalakan lampu flash apabila ada pesan yang masuk. Tasker sendiri menyediakan lebih dari 200 perintah. Harga: 6.49 dollar AS.

9. Friday. Aplikasi yang membantu mengingatkan kegiatan yang sudah pernah dilakukan. Friday juga mengizinkan pengguna untuk berbagi dan mencatat aktifitas favorit yang sudah dilakukan sepanjang hari. Harga: Gratis.

10. Robin. Penantang Siri yang sebenarnya. Aplikasi ini sudah hadir sebelum Google Now dirilis. Pengguna dapat mencari arah, tempat lokal, informasi lalu lintas, dan masih banyak lagi, hanya dengan menggunakan suara. Harga: Gratis. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com