Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yuk, Jajal BlackBerry 10 di Android dan iPhone

Kompas.com - 04/04/2013, 12:11 WIB
KOMPAS IMAGES/RODERICK ADRIAN MOZES Model menunjukkan smartphone BlackBerry Z10 yang diluncurkan di Ballroom Hotel Ritz Carlton, Pacific Place, Jakarta, Senin (4/3/2013).

KOMPAS.com - Sistem operasi BlackBerry 10 memperkenalkan sejumlah hal baru ke dunia gadget mobile, seperti interface yang sepenuhnya mengandalkan gestur sapuan jari tanpa bantuan tombol fisik.

Nah, pengguna iPhone dan perangkat Android yang penasaran ingin menjajal OS anyar BlackBerry tersebut kini tak harus benar-benar memiliki atau meminjam BlackBerry Z10 milik teman.

Sebagaimana dilaporkan oleh Cnet, cukup dengan mengarahkan peramban mobile ke alamat http://blackberry.com/glimpse, pengguna dua platform rival BlackBerry tersebut bisa merasakan seperti apa rasanya bernavigasi menggunakan berbagai gerakan jari di BlackBerry 10 melalui serangkaian panduan gestur.

Panduan ini termasuk cara menggunakan BlackBerry Hub, mengetik dengan Predictive Keyboard, "ngobrol" melalui BBM video dan Screen Share, serta menjepret foto dengan fitur Timeshift. 

screenshot oleh oik yusuf/ kompas.com

Untuk melakukan semua hal itu, pengguna tinggal mengikuti petunjuk berupa panah dan titik hijau yang menginformasikan jenis gerakan jari yang harus dilakukan untuk melakukan aksi tertentu.

Tutorial ini tidak berjalan semulus interface BlackBerry Z10 yang sebenarnya, tapi paling tidak pengguna iPhone dan Android kini bisa sedikit "mencicipi" platform baru andalan Blackberry tersebut.

BlackBerry 10 sendiri sebelumnya sempat disebut menggerogoti pangsa pengguna kedua platform itu. Hampir separuh pengguna BlackBerry Z10 datang dari kalangan pemilik perangkat iPhone dan Android.

Bahasan lebih lengkap mengenai "wajah baru" BlackBerry 10 bisa dibaca di tautan ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com