Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baidu Bikin Kacamata Pintar ala Google Glass

Kompas.com - 04/04/2013, 16:52 WIB

KOMPAS.com — Perusahaan mesin pencari terbesar di China, Baidu, ternyata juga mengembangkan kacamata pintar digital yang mirip dengan Google Glass.

Baidu, yang bisa disebut Google-nya China, akan memanfaatkan kekuatannya sebagai perusahaan mesin pencari, dalam hal pencarian gambar dan pengenalan wajah.

Menurut juru bicara Baidu, Kaiser Kuo, proyek kacamata pintar itu dikenal sebagai Eye Baidu. Prototipe-nya sedang dalam uji coba internal.

Kuo mengatakan, kacamata pintarnya akan dipasangkan layar LCD berukuran kecil dan akan memungkinkan pengguna untuk mencari konten gambar dan suara, serta memanfaatkan fitur pengenal wajah.

"Apa yang Anda lakukan dengan kamera Anda. Misalnya, mengambil gambar selebriti dan kemudian memeriksa pada database kami untuk melihat apakah kita memiliki kesamaan gambar wajah. Anda bisa melakukan hal yang sama dengan perangkat visual yang dikenakan di badan," ujar Kuo seperti dikutip dari Reuters, Rabu (3/4/2013).

Namun, pihak Baidu sendiri belum memutuskan apakah mereka akan mengomersialkan produk itu atau tidak.

"Kami belum memutuskan apakah ini akan dirilis dalam bentuk komersial sekarang. Tetapi, kami bereksperimen untuk setiap jenis teknologi yang terkait," jelas Kuo.

Perusahaan teknologi besar seperti Google dan Apple sedang berinvestasi pada teknologi yang dikenakan di tubuh manusia. Google sudah melakukan banyak aksi pamer kacamata pintar.

Sementara Apple dikabarkan sedang mengembangkan jam tangan pintar. Menurut laporan The New York Times, jam tangan pintar Apple akan dibalut kaca dengan desain melengkung dan memakai platform yang sama seperti iPhone.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com