Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

16 Ponsel Paling Ikonik Sepanjang Masa

Kompas.com - 07/04/2013, 09:59 WIB

KOMPAS.com — Telepon seluler atau ponsel telah menemani manusia selama 40 tahun. Seorang insinyur Motorola bernama Martin Cooper pertama kali melakukan panggilan dari ponsel pada 3 April 1973 di Amerika Serikat.

Panggilan pertama itu dilakukan Cooper dengan ponsel Motorola DynaTAC 8000x yang berukuran besar dan bobotnya mencapai 2,5 kg. Dengan penuh percaya diri, Cooper membawa ponsel itu di tengah kota New York.

"Saat itu, aku berjalan menyusuri kota sambil berbicara dengan teman di ponsel. Warga New York ternganga saat melihat seseorang benar-benar bergerak sambil melakukan panggilan telepon," kenang Cooper. "Perlu diingat, bahwa tahun 1973, tidak ada telepon tanpa kabel atau telepon seluler."

Pada 1983, produksi ponsel membutuhkan biaya sekitar 3.500 dollar AS. Hal ini mungkin jadi penghalang misi Cooper yang menginginkan ponsel diproduksi secara massal. Namun, ia percaya suatu hari nanti biaya produksi akan semakin murah dan bentuk ponsel akan menjadi kecil.

Impian Cooper jadi kenyataan. Biaya produksi ponsel kini jadi murah, bentuk makin kecil, dan fungsi makin cerdas.

Ponsel melewati beberapa tahap pengembangan, dimulai dari ponsel tanpa layar, lalu memakai layar tetapi masih monokrom, kemudian kini memakai layar berwarna jenis LED.

Dari sekian banyak model ponsel, ada beberapa yang memiliki desain paling ikonik dan sempat menjadi ponsel terandal di zamannya. Memperingati 40 tahun usia ponsel menemani kehidupan manusia, KompasTekno mengajak Anda untuk mengenang desain ponsel paling ikonik sepanjang masa.

1. Motorola DynaTAC

1. Motorola DynaTAC
Ponsel ini sering dipakai sebagai peralatan shooting film Holywood tahun 1980-an. Baterai Motorola DynaTAC kala itu hanya bisa dipakai 60 menit untuk menelepon, sementara untuk mengisi daya baterainya perlu waktu hingga 10 jam.

2. Motorola 4500x

2. Motorola 4500x
Yang satu ini lebih cocok disebut telepon mobil. Ukurannya seperti tas tangan dan bisa dibawa ke mana saja meskipun ukuran yang besar dan bobot yang berat membuat penggunanya agak kerepotan.

3. Philips C12

3. Philips C12
Dibuat oleh produsen Philips, C12 dirilis sekitar tahun 1990-an. Ia mengusung desain candybar atau ponsel persegi panjang di mana layar dan tombol fisik navigasi serta nomornya berada dalam satu ruang.

4. Nokia 3310

4. Nokia 3310
Dirilis tahun 2000, Nokia 3310 bisa disebut memiliki desain yang revolusioner. Perusahaan Finlandia ini membuat desain yang cantik dengan lekukan yang dinamis. Menurut beberapa catatan, Nokia 3310 masuk dalam jajarang ponsel paling populer sepanjang masa.

Permainan Snake 2 membuat pengguna merasa ketagihan. Perusahaan aksesori menjadi marak bermunculan sejak kehadiran ponsel-ponsel Nokia yang bisa diganti casing bagian depan maupun belakang.

5. Ericsson T28

5. Ericsson T28
Ericsson T28 juga menjadi ponsel favorit di zamannya karena hadir dengan desain tipis dan ringan, bobotnya hanya 81 gram. Namun, sebagian pengguna mengeluhkan layar yang terlalu kecil sehingga membuat sedikit frustrasi saat membaca pesan.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com