Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapan "Kiamat PC" Terjadi?

Kompas.com - 08/04/2013, 09:07 WIB

dok.BBC Indonesia Komputer tablet Amplify dilengkapi dengan peralatan pemantau untuk para guru.

KOMPAS.com — Era PC sebagai perangkat komputasi utama diramalkan akan segera berakhir. Era berikutnya, yang kerap disebut sebagai "kiamat PC", ditandai dengan makin rendahnya adopsi PC di kalangan pengguna umum (konsumen). Kapan kiamat PC itu akan terjadi?

Dalam laporan terbaru yang dipublikasikan Kamis pekan pertama April 2013, firma riset pasar Gartner memprediksi penjualan PC akan terus mengalami penurunan hingga 2017 mendatang.

Sebaliknya, penjualan tablet diperkirakan akan terus naik hingga melebihi PC sekitar tahun 2015. Gadget ini pun disebut bakal menggantikan PC sebagai perangkat utama pilihan pengguna, dikarenakan harga yang murah dan kemampuan yang terus berkembang.

"Kebanyakan orang akan puas dengan pengalaman yang mereka dapat dari tablet sebagai perangkat untuk bermain dan bekerja," tulis Wakil Presiden Riset Gartner, Carolina Milanesi, dalam laporan lembaga itu.

"Begitu konsumen mengubah pola pemakaiannya dari PC ke smartphone dan tablet, mereka tak akan lagi melihat PC sebagai perangkat yang perlu diperbarui secara reguler," tambah Milanesi.

www.gartner.com

Angka pengapalan global untuk PC dan notebook tradisional diperkirakan akan mengalami penurunan sebesar 7,6 persen pada 2013 dibanding 2012. Sementara pada waktu yang sama, pengiriman tablet disebut bakal naik 69,8 persen.

Pada 2017, jumlah shipment tablet diprediksi sudah mendekati angka 500 juta unit, hampir dua kali angka pengapalan untuk PC dan notebook.

Gartner menyebut penurunan penjualan PC tersebut bukan "tren sementara", melainkan gejala dari perubahan perilaku konsumen jangka panjang

Ramalan Gartner ini merefleksikan kekhawatiran sejumlah pemain besar di industri PC. Sebagian, seperti Dell dan Samsung, menyalahkan Microsoft yang sistem operasinya (Windows 8) tidak berhasil menggairahkan kembali pasar PC yang lesu.

Bagaimana dengan smartphone? Gartner memprediksi angka pengiriman perangkat itu akan semakin naik menuju 2017, beriringan dengan tablet.

Tingginya penjualan perangkat mobile diperkirakan akan mendorong Android menjadi platform paling dominan dengan angka pengapalan produk mencapai 1,4 miliar unit pada 2017. Adapun urutan kedua dan ketiga bakal diperebutkan oleh perangkat Windows dan iOS/ MacOS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com