Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ramadhan: Presiden SBY "Nge-Tweet", Jangan Ada Makian

Kompas.com - 11/04/2013, 12:05 WIB
Sabrina Asril

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Wakil Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Ramadhan Pohan meminta para pengguna Twitter atau Tweeps untuk lebih santun dalam berkicau di media sosial. Pasalnya, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) akan segera merilis akun Twitter pribadinya.

"Ini positif ketika keluarga Cikeas mempunyai Twitter. Publik bisa menyalurkan aspirasi dan ekspresi politiknya langsung. Tapi, saya ajak publik, mari kita tetap dalam tataran etika dan tidak usah pakai 'kebun binatang'. Ada cara yang baik untuk berdiskusi," ujar Ramadhan di Kompleks Parlemen, Kamis (11/4/2013).

Ia mengatakan, disadari bahwa aktifnya Presiden di dunia maya akan membuat Presiden menjadi tidak eksklusif. Namun, ia menegaskan, Presiden tidak akan mengkriminalisasi celaan yang ditujukan kepadanya. Hanya saja, Ramadhan meminta agar pengguna Twitter bisa mengontrol diri dalam menyampaikan kritik kepada Presiden.

"Gunakan kata-kata keras dan kritis boleh. Tapi jangan yang makian, kebun binatang, dan sebagainya karena ini ruang terbuka yang dibaca oleh generasi muda," kata Wakil Ketua Komisi I ini.

Lebih lanjut, Ramadhan juga mengatakan, hadirnya akun Twitter pribadi Presiden akan menimbulkan reaksi dari sejumlah akun anonim seperti @TrioMacan2000 yang selama ini kerap melemparkan isu-isu politik. Akan tetapi, katanya, hal itu tidak akan menghalangi Presiden untuk nge-tweet.

"Kan bisa ada yang dibaca, bisa tidak. Jadi tergantung pilihan masing-masing. Pak Presiden tidak akan mengkriminalisasi," ujarnya.

Akun pribadi Presiden

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono bakal memiliki akun Twitter sendiri. Akun itu akan dibuat dalam waktu dekat agar segera bisa berkomunikasi langsung dengan rakyat.

Juru Bicara Presiden Julian Aldrin Pasha mengatakan, dibanding media sosial yang ada, Twitter dianggap paling memberikan pengaruh luas kepada masyarakat. Sebenarnya, Istana Presiden sudah memiliki akun resmi, yakni @istanarakyat. Hanya saja, kata Julian, Presiden merasa perlu memiliki akun pribadi.

"Namanya akan kita ketahui pada saat beliau menyampaikan secara langsung dalam waktu yang tidak terlalu lama," kata Julian, di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu (10/4/2013).

Siapa yang akan mengelola akun? Julian menjelaskan, akun itu sehari-hari akan dikelola oleh tim. Namun, Presiden bisa nge-tweet sendiri jika ada informasi penting yang ingin disampaikan kepada publik.

"Tentu dengan tanda atau simbol tertentu yang menegaskan itu dikirimkan langsung oleh Presiden. Tapi, keseharian akun tersebut akan dikelola oleh tim," ujar Julian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com